Berikan Pemahaman Politik Melalui Seminar, Kemendagri Gandeng Mahasiswa Kota Serang

KOTA SERANG – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan menggandeng beberapa elemen mahasiswa seperti Resimen Mahasiswa Mahabanten dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Prima Graha Kota Serang, menghelat seminar Pendidikan Politik di Aula Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Prima Graha Kota Serang, Sabtu lalu (18/3/2017).

Hadir sebagai pemateri dalam seminar tersebut, Perwakilan Direktur Ormas Ditjen Politik dan PUM Kemendagri, Ketua STIM Prima Graha Dr Muljadi, dan Narasumber lainnya, Sutarman dan Humaedi.

Dalam Sambutannya, Direktur Ormas Ditjen Politik dan PUM Kemendagri yang diwakili Prayogo mengatakan, pendidikan politik mesti lebih diketengahkan lagi, agar masyarakat dan mahasiswa lebih peduli terhadap masalah perpolitikan

Dengan mengusung tema ‘Pentingnya Kesadaran Politik Bagi Masyarakat dan Pemuda’, diharapkan khususnya mahasiswa mau mengembangkan dan mengkritisi banyak hal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita berharap keterlibatan lintas elemen masyarakat semakin ditingkatkan guna memberikan kontribusi terhadap proses pendidikan politik, demi perbaikan negeri ini,” jelasnya saat seminar.

Sankyu ks

Dijelaskannya, proses rekruitmen politik menjadi agenda penting dalam memilih pemimpin. Meski begitu, proses rekruitmen politik mesti dikritisi agar proses politik bersandingan dengan kesejahterakan masyarakat.

“Hak berdemokrasi penting dipahami sebagai hak rakyat. Kita berharap partai melakukan rekrutmen dan kaderisasi yang baik, agar masyarakat mendapatkan daftar calon pemimpin yang memiliki integritas dan kepekaan kepada persoalan masyarakat umum,” tegas Prayogo.

Sementara, Ketua STIM Prima Graha Dr. Muljadi mengaku mendukung dan mengapresiasi usaha mahasiswa yang mampu merumuskan dan akhirnya berkontribusi demi perbaikan dalam masyarakat dan tatanan berdemokrasi.

“Kita berharap mahasiswa berperan aktif menebarkan hal positif demi keberhasilan politik. Politik untuk berdemokrasi, bukan memenangkan demi mengambil alih birokrasi untuk kepentingan kelompok,” tambahnya.

Dirinya mengaku bangga dengan kemampuan mahasiswa membuat kegiatan bertaraf nasional apalagi bekerjasama dengan Kementerian.

“Saya hanya bisa bilang luar biasa dengan kemampuan mahasiswa mencari jaringan di luar, selamat belajar semoga sukses,” harapnya. (*/JIW)