BPOM Temukan Bahan Berbahaya pada Makanan dan Kosmetik di Giant Serang

Gerindra Nizar

SERANG – Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Serang, melakukan sidak obat dan makanan di Pasar Modern Giant Sempu Kota Serang, Rabu (1/6/2017).

Dari hasil sidak ditemukan bahan berbahaya pada makanan dan kosmetik.

Anggota BPOM menguji 20 sampel obat dan makanan, dari 20 sampel tersebut ditemukan 2 yang mengandung bahan yang berbahaya di antaranya kerupuk dan lipstik.

Fraksi serang

“Kerupuk kuning mengandung borax, zat ini biasanya untuk membuat deterjen, kosmetik dan racun serangga tentu bahaya untuk makanan, kemudian kosmetik lipstik mengandung Rodamin B sejenis bahan pewarna memiliki zat kimia, dampaknya mengakibatkan kanker,” ujar Nurjaya Bangsawan, Kepala BPOM Kota Serang kepada awak media, Kamis 1 Juni 2017.

Sidak yang dilakukan atas instruksi pusat dalam rangka pekan Pancasila yang akan dilaksanakan pada tiga titik di Kota Serang.

Fraksi

“Sesuai instruksi dari Kepala Badan Pusat POM Feni Lukito seluruh balai se-Indonesia untuk melakukan pengecekan makanan pada momen pekan Pancasila ini mulai dari tanggal 29 sampai 4 Juni,” terangnya.

“Kemudian kami juga melakukan Komisi Informasi dan Edukasi (KIE) di Giant dan besok kita ke Masjid Agung dan Taman Sari kemudian kami lakukan sampling dan kita uji lalu kita umumkan ke masyarakat ada 25 anggota Badan POM,” ungkapnya.

Nurjaya juga mengajak kepada masyarakat agar bisa bekerjasama mengawasi obat dan makanan ilegal.

“Mari bergerak bersama mengawasi obat dan makanan ilegal di seluruh pelosok negeri,” pungkasnya. (*)

Penulis: Temon.

Gerindra kuswandi