atas

Digugat, Musorkot KONI Kota Serang Dinilai Cacat Hukum

SERANG – Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) IV Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Serang pada 13 Juli 2019 di Cipanas, Bogor, Jawa Barat  yang dimenangkan oleh kubu petahana Deni Arisandi mendapat gugatan dari kubu Barohi.

Kubu Barohi melalui tim pemenangannya, Fierly, menilai bahwa Musorkot yang digelar di Cipanas tersebut dinilai cacat hukum. Menurutnya, hal itu terlihat jelas atas dilanggarnya beberapa ketetapan di Anggaran Rumah Tangga (ART).

“KONI Kota Serang telah melanggar ART KONI pasal 35 ayat 3 pin (b) (i) yang menyatakan, pemberitahuan tentang pelaksanaan Musorkot/Musorkab dilakukan secara tertulis dan dikirimkan ke setiap anggota yang berhak untuk mengikuti Musorkot, sekurang-kuranya 14 hari,” kata Fierly saat jumpa pers di rumah makan S’rizki, Kota Serang, Minggu (14/7/2019).

Selain itu dipaparkan Fierly, pada tanggal 8 Juli 2019 Pengcabor Kota Serang Serta pengurus KONI Kota Serang melakukan rapat koordinasi dengan DPRD Kota Serang yang menghasilkan keputusan rekomendasi agar KONI Kota Serang tidak melaksanakan kegiatan Musorkot di luar Kota Serang dengan dasar Permendagri Nomor 13 tahun 2018 pasal 4 ayat 3.

Sunat

“Pemberian Hibah sebagimana dimaksud ayat 1 ditujukan untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan pemerintah daerah dengan memperhatikan asas keadilan, kepatuhan, rasionalitas dan manfaat untuk masyarakat, akan tetapi tidak direspon KONI Kota Serang,” paparnya.

Selain itu lanjutnya, KONI juga dipandang tidak mematuhi surat rekomendasi dari Walikota Serang Syafrudin dengan Nomor 426/715-Kesra/2019 perihal pelaksanaan Musorkot 2019. Dalam surat tersebut Walikota Serang melarang pelaksanaan Musorkot di luar wilayah Kota serang.

“Menindaklanjuti surat dari Ketua DPRD Kota Serang Nomor 800/417/DPRD/VII/2019 tanggal 8 Juli 2019 perihal Rekomendasi. Berkenaan hal tersebut dengan ini dimohon agar saudara dapat melaksanakan Musorkot KONI Kota Serang di wilayah Kota Serang,” kata Syafrudin melalui surat yang ditujukan kepada Ketua Koni Kota Serang pada 11 Juli, 2019.

“Maka, berdasarkan fakta-fakta tersebut kami akan mengajukan gugatan atas hasil ketetapan Musorkot Serang yang dilaksanakan di Bogor,” tandas Fierly. (*/Ocit)

mia