Eks Relawan Tagih Janji WH-Andika, Pendidikan dan Berobat Gratis Belum Terbukti

Lazisku

SERANG – Panitia Pelaksana Rekomendasi Relawan (PPRR) WH – Andika mengkritisi janji politik Wahidin Halim dan Andika Hazrumy soal sekolah gratis dan berobat gratis menggunakan E-KTP yang tidak masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Itu tidak masuk pada visi misi, namun hanya janji politik. Kalau tidak masuk RPJMD, maka tidak masuk pula kepada program atau kegiatan,” ucap Ucu Nur Harif Jauhar selaku Panitia Pelaksana Rekomendasi Relawan (PPRR) saat menggelar press-conference, di salah satu rumah makan di Kota Serang, Kamis (27/6/2019).

Menurut Ucu, sampai saat ini pihaknya terus menyoroti janji politik soal sekolah gratis dan pengobatan gratis yang digaungkan Wahidin Halim – Andika Hazrumy kepada masyarakat saat mereka masa kampanye dulu. 

Ks

“Kita menagih visi misi yang paling populer, yaitu berobat gratis dengan hanya menggunakan E-KTP. Itu yang dinantikan oleh kita, baik relawan maupun masyarakat, bagaimanapun itu harus terealisasi,” tegasnya.

Ucu pun meminta Gubernur dan Wakil Gubernur Banten untuk lebih kreatif sebagai Kepala Daerah, terlebih dalam merealisasikan janji-janji politik yang pernah digaungkan tersebut.

Kpu

“Mereka (WH-Andika – red) bisa saja menerapkan aturan kewajiban menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS),” tutur Ucu.

Dengan belum terealisasinya janji politik soal sekokah gratis dan pengobatan gratis, Ucu menilai bahwa WH-Andika tidak memahami persoalan-persoalan yang ada di Banten. 

Hal senada pun disampaikan Fachrudin, yang mengatakan bahwa belum terealisasinya pendidikan dan pengobatan gratis di Banten yang saat ini tidak masuk kedalam RPJMD merupakan sebuah kebijakan publik yang serampangan.

“Pemimpin yang mengambil kebijakan publik tanpa memperhatikan mekanisme yang berlaku dan membuat kebijakan publik semaunya, itu dapat dikatakan pemimpin bergaya otoriter,” ujar Fachrudin yang juga merupakan Panitia Pelaksana Rekomendasi Relawan (PPRR).

“Janji berupa berobat gratis pakai E-KTP dan pendidikan gratis itu tidak masuk kedalam visi dan misi WH – Andhika. Jadi bagaimana caranya WH – Andhika dapat mewujudkan janji itu?” tandasnya. (*/Ndol)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien