Emosi Saat Penyandingan, Saksi Demokrat Kota Serang Banting Palu Sidang

 

SERANG – Proses penyandingan hasil suara antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat sesuai Amar Putusan MK terkait Caleg DPR RI di Dapil Banten II menghadapi tantangan serius yang mengakibatkan harus ditunda.

Penundaan tersebut dikarenakan saksi dari Partai Demokrat Kota Serang Fery Fairuz emosi saat penyandingan dan mengambil pali sidang dari pimpinan ketua KPU Kota Serang.

Kemudian, proses penyandingan tersebut berlangsung panas. Fairuz menuduh KPU Kota Serang melakukan konspirasi dan menilai bahwa proses rekapitulasi hasil hitung ulang tidak sesuai dengan putusan MK.

“Sidang ini sudah cacat di mata hukum, jangan kemudian anda membenarkan, menghalalkan segala cara untuk menjalankan proses yang cacat hukum ini,” kata Fairuz usai membanting palu sidang.

Kekecewaan tersebut dikarenakan ia menolak langkah KPU Kota Serang yang akan menyandingkan hasil rekapitulasi penghitungan ulang.

Ferry kemudian membawa massa Partai Demokrat untuk masuk ke dalam ruang pleno bersama Calon Legislatif Daerah Partai Demokat. Pantauan Fakta Banten Caleg Nuraeni yang tadinya hadir di luar pleno.

Loading...

Massa Demokrat juga sempat merangsek masuk ke dalam ruang pleno untuk mempengaruhi Bawaslu dan KPU Kota Serang.

Di Saat situasi ruang pleno dikuasai masa demokrat, datang massa PDI Perjuangan untuk memberikan dukungan kepada penyelenggara agar tidak terpengaruh dengan tekanan dan intimidasi massa bawaan Nuraeni.

Massa PDIP kemudian meminta rapat berjalan steril tanpa dipengaruhi oleh tekanan pihak manapun.

Sementara itu, Saksi dari PDIP, David mengungkapkan keberatannya dengan sikap saksi Parta Demokrat yang memprovokasi jalannya rapat pleno dan mencoba memasukan pendukungnya masuk rapat Pleno.

“Semuanya harus menghormati penyelenggara,” kata David.

DPRD Pandeglang

Sementara itu, Nanas Nasihudin Ketua KPU Kota Serang mengatakan penundaan tersebut dengan alasan kondusifitas. Karena telah melakukan rekapitulasi beberapa hari.

“Untuk kelanjutannya pada saat ini kita skors ya sampai pukul 13.00 WIB kita lanjutkan besok,” katanya di Kantor KPU Provinsi Banten, Senin (8/7/2024).

“Alasannya karena kondusifitas saja, terus kita juga sudah kelelahan melakukan rekapitulasi berhari-hari, besok stamina sudah fit kembali,” pungkasnya. (*/Fachrul)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien