Gaet Pramuka, Suwaib Amiruddin Gencar Sosialisasi Sadar Pemilu

Loading...

 

SERANG – Suwaib Amiruddin Foundation (SAF) bekerjasama dengan Pramuka Untirta dan Pramuka di kawasan Kwartir Ranting Kasemen masifkan gerakan sosialisasi Sadar Pemilu di kantor Aula UPT Lama Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten, Jumat (4/8/2023).

Pada kegiatan sosialisasi Sadar Pemilu ini hadir Komisioner bawaslu Provinsi Banten Zainal Muttaqin dan Liah Culiah memberikan materi dan arahan terkait peran pramuka dalam mendukung kesuksesan pemilu 2024.

Liah Culiah dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses pemilu ini harus di dukung oleh semua elemen termasuk salah satunya adalah pramuka.

“Saya berpesan kepada adik-adik semua bahwa Pemilu itu perhelatan untuk kita semua jadi kita semua elemen Masyarakat khususnya para adik adik pramuka ini merupakan pemilih pemula diharapkan bisa turut serta untuk mengawasi perhelatan pemilu kali ini,” ucap Liah

Sankyu rsud mtq

“Jangan sampai ada kecurangan dalam pelaksanaan pemilu adik adik diam saja. Kemudian di Kota Serang ini juga sudah ada namanya Saka Adhyasta pemilu, yaitu wadah bagi adik-adik pramuka yang mau ikut serta membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu,” imbuhnya

PCM

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Provinsi Banten Zainal Muttaqin juga turut menegaskan bahwa pramuka bisa menjadi garda terdepan untuk mengkampanyekan pemilu yang berkualitas.

Menurutnya, pramuka merupakan salah satu organisasi netral dan tidak boleh terlibat dalam politik praktis sehingga hal ini bisa menjadi potensi untuk terlibat bersama bawaslu dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu 2024.

“Sebenarnya pemilu tanpa bawaslu masih bisa berjalan, karna yang melaksanakan adalah KPU, tapi apakah bisa terjamin soal kualitas pemilunya? saya rasa nggak. Buktinya ada Bawaslu saja masih pada kucing-kucingan,” Beber Zainal

“Maka keberadaan Bawaslu adalah menjamin kualitas demokrasi pemilu tetap terjaga dengan baik dan bawaslu tidak bisa sendiri harus dijaga juga oleh elemen masyarakat salah satunya pramuka. Pramuka harus menjaga garda demokrasi, kalau ada yang mau masuk Saka Adiyasta pemilu mari kita gabung bersama Bawaslu,” imbuhnya Zainal

Lanjutnya, Zainal menghimbau agar seluruh elemen masyarakat bisa bekerjasama mewujudkan pemilu yang berkualitas mulai dari diri sendiri.

“Temen temen harus mulai belajar bagaimana kita sama-sama menjaga, dari hal yang terkecil saja seperti keluarga, jaga keluarganya jangan sampai tersandung money politik, awasi Tindakan kecurangan baik yang dilakukan oleh peserta ataupun oleh penyelenggara pemilu, potret laporkan. Dan ini untuk menjaga kualitas pemilu demokrasi yang baik,” ucapnya.

“Salah satu prinsip pemilu adalah integritas, pemilu itu harus berintegritas yang berarti dapat dipercaya dan terpercaya. Pemilu yang berintegritas merupakan pemilu yang diisi oleh orang orang yang mengerti tentang apa dan siapa calonnya. Yang menjadi penting nya pemilu yaitu sangat menentukan regenerasi negara ini dan pemilu membentuk orang -orang yang membuat aturan atau yang dikenal pembagian kekuasaan,” pungkasnya. (*/Fachrul)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien