Kembali Jadi Rektor, Fatah Sulaiman Targetkan Untirta Jadi PTN Berdaya Saing Global

pcm koperasi

 

SERANG – Fatah Sulaiman secara resmi terpilih kembali sebagai Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) periode 2023-2027, dirinya akan kembali memimpin Untirta selama 4 tahun ke depan.

Setelah resmi terpilih Fatah mengungkapkan bahwa langkah awalnya adalah mempersiapkan pelantikan serta persiapan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) baru yang akan diisi oleh tenaga baru yaitu para alumni Untirta yang menyelesaikan kuliah pasca sarjana di luar negeri.

“Saya tadi komunikasi dengan Kementerian, setelah berita acara selesai dalam waktu dekat akan disampaikan proses pelantikan jadi penyiapan pelantikan dulu setelah itu akan ada penyesuaian dengan OTK baru. Kita membutuhkan energi energi dari potensi potensi muda unggulan yang ada di Untirta yang sudah pada pulang dari berbagai perguruan tinggi internasional di dunia yang bereputasi yang kemaren kita beasiswa itu akan kita libatkan,” kata Fatah kepada Fakta Banten, Jumat (11/8/2023).

Sedangkan untuk grand design atau rancangan besarnya untuk Untirta di masa jabatan keduanya ini, Fatah menekankan pentingnya gotong royong agar terwujudnya visi Untirta yang lebih baik dari periode sebelumnya.

Loading...

Selain Untirta yang ditargetkan 2 tahun lagi akan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) dirinya juga mengusung konsep baru yaitu Healthy, Integrated, Smart dan Green agar dapat bersaing secara global.

“Kalau sekarang diperkuat dipertajam dengan muatan konsep kampus untirta yang healthy, integrated, smart dan green. Healthy ini yaitu aman, nyaman, baik secara fisik, mental, spiritual dan memiliki daya saing global jadi sudah tidak asean lagi, kemaren Asean kita sudah terlampaui,” ujar Fatah.

Dari sisi Internal, Fatah akan mencanangkan implementasi zona integritas. Budaya baru tersebut akan diterapkan dengan diberlakukannya review per 3 bulan sekali.

“Zona integritas itu budaya baru di Untirta ya walaupun di tempat lain sudah ada. Di untirta itu budaya baru jadi menyiapkan sistem tata kelola perguruan tinggi yang berintegritas dengan segala aspeknya. Kita akan ada review tiap 3 bulan jadi udah gada lagi honor tandatangan 4 kali kegiatan tapi honornya hanya sekali misalkan. Budaya baru lebih berkualitas lebih berintegritas itu terobosan untuk internal,” kata Fatah.

Dirinya juga optimis kedepannya Untirta dapat bersanding dengan universitas unggulan lainnya di Indonesia.

“Saya sih berharap bisa sama dengan universitas yang sudah establish terlebih dahulu ya seperti UI, IPB, dan ITB kayanya mungkin ga berapa lama,” harap Fatah. (*/Adv)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien