KKM UNIBA Latih Warga Desa Tanjung Sari Serang Belajar Tata Kelola Media Sosial

Loading...

 

LEBAK – Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Bina Bangsa (UNIBA)  Kelompok 60, kembali menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk “Tata Kelola Media Sosial bagi Penguatan Sistem Pemerintahan Desa Tanjung Sari Kabupaten Serang” bertempat di Kantor Desa Tanjung Sari, Kabupaten Serang, Sabtu (28/7/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para dosen Prodi Ilmu Pemerintahan Uniba seperti Drs. Suherman, MSi dan Mohamad Ikrom Arasyid, M.IPol

Topik ini diambil karena mayoritas masyarakat desa saat ini telah memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap media sosial terutama dalam berbagai aktivitas keseharian.

PCM

Oleh sebab itu kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman akan pentingnya pemanfaatan media sosial, terutama bagi penguatan sistem pemerintahan desa, jelas Ita Rosita Wahyiah, SIP., M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Melalui media sosial, pemerintahan desa dapat memperkuat pelayanan publik, karena masyarakat desa dapat langsung menghubungi tanpa lagi ada perantara atau birokasi.

Tidak hanya itu, media sosial juga dapat digunakan untuk menginformasikan UMKM desa, objek wisata dan berbagai potensi desa lainnya. Artinya media sosial bisa menjadi saluran informasi, interaksi dan partisipasi warga desa dan juga pemerintahan desa.

Sementara untuk penguatan sistem pemerintahan desa, diberikan pengetahuan tentang tata kelola media sosial melalui pelatihan manajemen konten, admin media sosial, copywriting dan terakhir manajemen tagar (hashtag).

Beberapa indikator ini sangat penting agar konten yang diunggah bisa menjadi viral dan dikenal oleh warganet, jelas Bambang Arianto, MA., M.Ak selaku pemateri dari Institute for Digital Democracy (IDD). (*/Red)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien