Viral Salam 2 Jari Sambil Tutupi Wajah, Dukungan untuk Honorer yang Dipecat

Gerindra Nizar

SERANG – Beragam meme tampak dalam pose salam dua jari, tapi tanpa memperlihatkan wajah, saat ini mulai viral di media sosial.

Aksi para netizen ini dilakukan dengan beragam cara, sebagai bentuk memberikan dukungan kepada 6 honorer di SMAN Kronjo, Kabupaten Tangerang, yang dipecat akibat berpose salam dua jari sambil menunjukkan stiker Prabowo-Sandi.

Aksi para netizen di medsos tersebut nampak terkesan lucu dan menyindir. Ada yang membalikkan badan dan wajahnya ke belakang, menutup dengan ember, wajan, kain, karung plastik, hingga baskom.

Fraksi serang

Namun aksi tersebut dinilai juga sebagai bentuk kritik yang serius dari rakyat kepada kubu pemerintah yang kerap membungkam kebebasan ekspresi publik.

Fraksi

Mantan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, mengaku prihatin cara rezim Jokowi membungkam pilihan politik rakyat sudah melebihi Pemerintahan Orde Baru.

“Segitu takutnya melebihi zaman Orba. Pilihan politik di zaman neo-otoriter,” tulis Rizal Ramli melalui akun Twitternya, Minggu (24/3/2019).

Pasca foto honorer viral di medsos, Dinas Pendidikan Provinsi Banten dengan sangat cepat, tanpa menunggu penyelesaian dari Bawaslu. Apalagi pemecatan mereka tanpa surat teguran maupun peringatan terlebih dahulu.

Penjelasan dari Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), enam guru yang dipecat itu sudah bekerja sebagai tenaga honorer selama lebih dari lima tahun. (*/Red)

[socialpoll id=”2521136″]

Gerindra kuswandi