Aparat Di Cilegon Gunakan Aplikasi Digital Untuk Tracing Pasien Covid-19

CILEGON – Polsek Ciwandan Polres Cilegon adakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD), sebagai koordinasi dengan instansi terkait. Dalam rangka pengoptimalan tracing digital TNI- POLRI yakni, Sistem Informasi Pelacakan (Silacak) yang akan mempercepat penanganan terhadap kasus baru orang yang terpapar Covid-19.

Kapolsek Ciwandan AKP Ali Rahman, menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut mengedepankan koordinasi dalam hal penanganan pandemi Covid 19 di daerah hukum Polsek Ciwandan, kegiatan tersebut digagas oleh Polsek dan Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kepala UPTD Puskesmas Citangkil, Kepala UPTD Puskesmas Ciwandan, serta para Trecer Covid dari TNI, POLRI, dan Tenaga kesehatan.

MTQ Pemkot

“Secara tehnik Kemenkes RI akan menyampaikan data kasus baru secara berjenjang melalui Dinkes Provinsi, dan disampaikan ke Dinkes Kota/kabupaten ke Polres dan Kodim. Kemudian informasi tersebut akan sampaikan ke Polsek dan Koramil lalu disebarkan kepada Trecer tingkat bawah yaitu para Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta Nakes puskesmas dengan menggunakan aplikasi digital SILACAK,” kata AKP Ali Rahman, Jumat (06/08/2021).

Dari data yang dikirimkan tersebut, tim bisa bersama-sama melakukan langkah-langkah penanganan kasus baru, dari pendataan, tes PCR anti gen, pengobatan, serta pengawasan isoman baik yang positif terpapar Covid 19 maupun orang-orang yang pernah kontak erat dengan orang yang terpapar.

“Ini sudah berjalan beberapa hari, namun untuk mengoptimalkannya, ya perlu dilakukan koordinasi sehingga hasilnya lebih baik dan mudah-mudahan lebih cepat, tepat. Dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (*A.Laksono).

Adam