Kodim 0601/Pandeglang Lakukan Penanaman Pohon Mangrove Secara Serentak

Dprd ied

 

PANDEGLANG – Kodim 0601/Pandeglang ikuti penanaman Pohon Mangrove Nasional secara serentak, penanaman tersebut dilaksanakan di Pesisir Pantai Selat Sunda tepatnya di Kampung Solodengeun, Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan penanaman Mangrove bersama Polri, Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat lainnya dalam acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia, Senin, (15/5/2023) kemarin.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung melalui video conference oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E.,M.M di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Jakarta Utara.

Kegiatan diawali dengan penanaman Mangrove oleh Presiden RI dan diikuti penanaman secara serentak di seluruh indonesia melalui video conference dilanjutkan dengan tanya jawab.

dprd tangsel

Komandan Kodim (Dandim) 0601/Pandeglang Letkol Inf Jani Setiadi menyampaikan kepada para personel TNI-Polri, Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang, perwakilan masyarakat, mahasiswa dan pelajar yang sudah ikut berpartisipasi pada program penanaman pohon Mangrove Nasional.

“Sebanyak 700 batang pohon Mangrove yang ditanam, jaga bersama-sama agar tanaman yang kita tanam sekarang ini bisa tumbuh dengan baik. Sehingga laut menjadi subur dan terhindar dari abrasi,” ujarnya.

Dandim juga menambahkan manfaat penanaman pohon Mangrove bertujuan untuk mencegah abrasi pantai di laut, penyerapan karbondioksida, menjaga kualitas air dan udara, sebagai habitat ikan dan biota laut lain, pereduksi gelombang di pantai, untuk memberikan dampak ekonomi yang luas dan menjadi sumber pendapatan masyarakat.

“Tanaman mangrove saat terjadi tsunami berfungsi sebagai penghalang alami di pinggir pantai untuk memecah gelombang air. Selain itu, ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah abrasi. Penanaman ini tidak hanya untuk penanggulangan bencana tetapi juga mendukung program adaptasi terhadap perubahan iklim,” terangnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah S.H., S.I.K., M.H., Kadis Lingkungan Hidup Pandeglang Aef Saefudin, Sekdis Perikanan Kabupaten Pandeglang Ibu Onah Juand, S.Tp., M.M., mewakili Kajari Pandeglang Abrian Rahmat F. S.H., M.H., para perwira Kodim 0601/Pandeglang, Kasat Polairud Polres Pandeglang AKP Bariman, Camat dan Kapolsek Panimbang serta Perwakilan Ormas Bela Negara, Anggota Pramuka Saka Wira Kartika dan anggota Pramuka Peduli Urc 0131. (*/Riel)

Golkat ied