Pertama Kali Ada Lomba Kritik DPR, Hadiah Utamanya “Motor Dilan”

BPRS CM tabungan

FAKTA BANTEN – senang mengkritik DPR? Ada kabar gembira untuk Anda. DPR menggelar lomba mengkritik anggota dewan terhormat

Sebagai negara demokrasi, DPR yang menjadi lembaga perwakilan rakyat ini sangat membutuhkan banyak masukan terbuka, yang memiliki pertukaran energi positif dengan lingkungannya.

Untuk itu, Ketua DPR Bambang Soesatyo mengambil inisiatif mengusulkan Lomba Kritik DPR 2018. Acara ini sekaligus digelar untuk menyongsong HUT DPR tahun ini.

DPRD Pandeglang Kurban

Setiap warga negara Indonesia berhak mengikuti lomba ini. Terdapat dua kategori lomba yang bisa diikuti. Pertama, kategori esai, maksimal 500 kata. Kedua, kategori meme (bisa gambar, karikatur, dan video; untuk video maksimal berdurasi 2 menit).

Tidak ada topik khusus dalam Lomba Kritik DPR yang pertama ini, panitia membebaskan kreativitas kepada peserta.

Hasil karya peserta akan dinilai oleh lima anggota dewan juri profesional yang terdiri dari Profesor Siti Zuhro (pakar politik), Profesor Bambang Wibawarta (pakar budaya), Profesor Martani Huseini (pakar manajemen), Cak Lontong (seniman), dan Effendi Gazali PhD (pakar komunikasi politik, sekaligus ditunjuk oleh anggota juri sebagai Ketua Dewan Juri) serta Ketua Pelaksana oleh Iwel Sastra.

Meski membuka lebar jalur kreativitas peserta, Dewan Juri akan mencari karya kritik yang mengarah ke tiga hal seperti kinerja, pernyataan, dan sikap politik, dari anggota DPR maupun pimpinan DPR, atau DPR secara keseluruhan.

“Yang harus diingat oleh peserta, tentu saja menempatkan pengakuan dan penghormatan terhadap Bhinneka Tunggal Ika. Jadi kritik yang bertentangan dengan prinsip dasar tersebut akan ditolak oleh Dewan Juri. Demikian pula juri akan langsung menolak kandungan hoaks dan ujaran kebencian,” jelas Bamsoet di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (19/4/2018).

Maskot KPU Cilegon

Periode pengiriman kritik adalah 19 April-15 Agustus 2018. Kritik dapat dikirimkan ke berbagai alamat sebagai berikut:

– Email: lombakritikterbaikDPR@gmail.com, lombakritikterbaikDPR@yahoo.com.

– Instagram: @lombakritikterbaikDPR

– Facebook: lombakritikterbaikDPR

– Twitter: @lombakritikDPR

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 29 Agustus 2018, bertepatan dengan HUT DPR. Seluruh pemenang akan mendapatkan Sertifikat Penghargaan dari DPR RI.

Pemenang pertama masing-masing kategori (esai serta meme) mendapatkan hadiah Rp 10 juta. Pemenang kedua mendapatkan hadiah Rp 7 juta, dan pemenang ketiga mendapatkan hadiah Rp 5 juta. Untuk yang terbaik dari kedua kategori ini, akan mendapatkan sepeda motor seperti yang digunakan dalam film Dilan.

Pada acara perayaan HUT DPR tersebut pula, akan diadakan juga Lomba Kritik dalam bentuk Stand-up Comedy. (*/Tribunnews)

Gerindra Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien