Cageur Jasa Kota Tangerang, Salah Satu Inovasi Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia

Loading...

 

 

TANGERANG – Komitmen Kota Tangerang di bawah pimpinan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, dalam mewujudkan Kota Layak Huni tak henti dilakukan.

Khususnya, dalam bidang pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Program Colaborasi Kunjungan rumah Integrasi Keluarga Sehat (Cageur Jasa).

Sejak diluncurkan pada 2017 silam, program ini telah dilaksanakan pada 39 puskesmas di wilayah Kota Tangerang secara berkelanjutan.

Tercatat, atas keberhasilan dalam melayani publik di bidang Kesehatan, Program Cageur Jasa berhasil masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan RB pada 2019 silam.

“Dalam program ini, petugas kesehatan sesuai standar datang ke rumah-rumah warga memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan. Petugas juga dibekali dengan 66 unit sepeda motor, sekaligus perlengkapan peralatan medis di antaranya peralatan public health nursing, pelayanan pasien khusus dan lainnya,” ungkap Arief R Wismansyah, Wali Kota Tangerang.

PCM

Ia pun mengaku, program ini selaras dengan Kementerian Kesehatan untuk membuat pendekatan dan sosialisasi kesehatan kepada keluarga.

“Seiring waktu berjalan, selain Cageur Jasa penguatan pelayanan kesehatan di Kota Tangerang juga terus dimaksimalkan. Salah satunya, dengan tersedianya 23 unit ambulans 24 jam dan gratis,” kata Arief.

Sementara itu, dr Dini Anggraeni, Kepala Dinkes, Kota Tangerang menyatakan Cageur Jasa dalam praktiknya Petugas Cageur Jasa melakukan kunjungan ke rumah warga setelah jam kerja di Puskesmas selesai.

Bila ditemukan masalah, akan ditangani oleh petugas. Jika tidak dapat ditangani di tingkat puskesmas, maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit. Jika sehat akan diberikan edukasi mengenai pola hidup bersih dan sehat.

“Jadi kami lakukan tindakan kepada masyarakat tidak sembarangan. Jika memang ada yang tidak dapat ditangani oleh petugas puskesmas, maka kami akan rujuk ke fasilitas kesehatan lanjutan untuk mendapatkan penanganan pengobatan dari dokter-dokter ahli biar masyarakat mendapatkan pelayanan maksimal dan terbaik,” paparnya

Manfaat yang dapat diperoleh dari Progam Cageur Jasa, diantaranya, pasien yang tidak dapat datang ke Puskesmas dan membutuhkan pelayanan, dapat terjaring dengan adanya kunjungan Cageur Jasa. (*/Red)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien