Dihadiri Kapolda Metro Jaya, Kota Tangerang İnisiasi Pembentukan Polisi RW

TANGERANG – Walikota Tangerang, H. Arief R Wismansyah, beserta Wakil Walikota, H. Sachrudin, menghadiri acara Guyub Ketua Rukun Warga (RW) yang turut diikuti oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya, Irjen Fadil Imran dan Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjend Untung Budiharto, Sabtu, (25/02/2023).

Dalam pertemuan para Ketua RW di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota yang digelar di Plaza Pusat Pemerintahan (Kota Tangerang) tersebut, Walikota menyampaikan apresiasinya kepada Polda Metro Jaya dan Polres Metro Tangerang Kota atas dukungannya pada Pemerintah Kota (Pemkot) dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) melalui program Polisi RW.

“Kami ucapkan selamat datang di Kota Tangerang untuk bapak Pj Gubernur Banten, Pak Kapolda Metro Jaya, Pak Pangdam Jaya dan juga para ketua RW yang luar biasa semangatnya, dari pagi sudah datang ini, saya berikan applause untuk semuanya,” serunya seraya mengapresiasi sebesar-besarnya Kapolda dan Kapolres Metro Tangerang Kota yang telah menginisiasi pertemuan ini sekaligus melaunching program Polisi RW sebagai bentuk dukungan keamanan dan ketertiban dalam mewujudkan Kota Tangerang yang aman dan nyaman.

Lebih lanjut, Arief, berharap pembentukan Polisi RW tersebut dapat menjadi salah satu solusi dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial yang ada di tengah masyarakat.

Kartini dprd serang

“Semoga dengan adanya program ini, segala permasalahan baik permasalahan sosial, ekonomi, keamanan dan ketertiban dapat terselesaikan dan semakin terjalin sinergi dan kolaborasi yang erat antara pemerintah, jajaran TNI/Polri dan serta masyarakat dalam mewujudkan Kota Tangerang yang aman, nyaman dan kondusif,” harap Arief.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, mengungkapkan, pembentukan Polisi RW di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota yang berjumlah tak kurang dari 1068 personil tersebut, bertujuan agar satuan kepolisian dapat lebih dekat dengan masyarakat sehingga dapat menyelesaikan segala permasalahan yang ada di tengah masyarakat, mulai dari hulunya bersama dengan Pemerintah Daerah.

“Makanya penguatan polisi RW ini tujuannya adalah meningkatkan kinerja kepolisian di basis komunitas, sehingga untuk langkah pencegahan dan deteksi dini sebelum terjadi kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan dalam masyarakat.” ungkap Kapolda.

Sementara itu, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, menuturkan, kegiatan Guyub Ketua RW sekaligus pembentukan Polisi RW tersebut merupakan wujud sinergi serta kesungguhan pemerintah dalam menuntaskan berbagai macam persoalan di tengah masyarakat.

“Ini adalah bukti kalau Pemerintah hadir, dan antara pemerintah dan masyarakat harus kompak karena dalam menyelesaikan suatu persoalan inikan berjenjang,” ujar Muktabar. seraya menuturkan prestasi Banten yang menjadi salah satu provinsi yang dianggap berhasil dalam pengendalian inflasi daerah juga karena upaya yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang dalam penanganan inflasi daerah yang terbaik se-Banten sehingga kita juga jadi ketularan juga menjadi salah satu yang terbaik. (*/Red)

Polda