Divaksin, Orang dengan Gangguan Jiwa di Tangerang Mengamuk

Pju

TANGERANG – Program vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang mulai menyasar Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Vaksinasi digelar dengan cara jemput bola, door to door melalui 36 puskesmas.

Kepala Puskesmas Gembor dr Andi Hidayat menuturkan tidak sedikit ODGJ yang mengamuk saat akan disuntik vaksin dan didatangi banyak orang.

“Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa vaksinasi ini membutuhkan keahlian khusus. Karena tak sedikit mereka yang ngamuk saat didatangi orang banyak dan proses vaksin pun membutuhkan waktu lebih banyak,” ujarnya, Rabu (9/6/2021).

Di wilayahnya ada sekitar 40 ODGJ yang jadi sasaran vaksin. “Kami akan datangi satu persatu ODGJ dan disabilitas dengan melakukan pendekatan ke keluarga dan peserta vaksin,” katanya.

Kosim Jubaidilah, orang tua peserta vaksinasi ODGJ mengaku sangat terbantu dengan vaksinasi door to door yang dilaksanakan Pemkot Tangerang. “Ya, saya merasa sangat terbantu dan lebih merasa terjaga dari penyakit. Terutama Covid-19 yang masih mengancam,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi mengatakan, vaksinasi ODGJ dan disabilitas mulai dilakukan pada Sabtu 5 Juni 2021. Adapun jumlah sasaran ODGJ mencapai 800 orang dan ditargetkan rampung minggu depan. (*/Sindonews)

Royal wedding