Pelajar Kelas 11 dan 12 Masuk Kategori Pemilih Pemula di Pilkada Lebak 2018

LEBAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak menggelar sosialisasi pra tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang difokuskan kepada kalangan pelajar tingkatan SLTA, sebagai pemilih pemula.

Ketua KPU Lebak, Ahmad Safarudin, menegaskan, kedepannya KPU akan lebih sering mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula.

Baca Juga : KPU Lebak Sosialisasikan Pra Tahapan Pilkada 2018 kepada Pelajar

Rata-rata kategori pemilih pemula menurut KPU Lebak, yakni pelajar SLTA di kelas 11 atau 12.

“Pemilih pemula salah satunya pelajar, diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan Pilkada, targetnya mulai dari kelas 11-12, akan diberikan pemahaman agar pada tahun berikutnya kelas 11 pun sudah dapat memahami, apa itu pemilu,” jelas Ketua KPU.

Diharapkan, posisi pelajar yang sudah di kelas 12 sudah bisa memahami bagaimana seharusnya dapat menjadi pemilih yang cerdas, tanpa melihat materi dan lain sebagainya.

Hingga saat ini jumlah pemilih pemula pada Pilkada 2018 belum masuk data, karena pemutakhiran data masih dalam proses, namun diprediksi jumlahnya sekitar 25%.

Sementara partisipasi di kalangan pemilih pemula ditarget sekitar 75%, namun memungkinkan akan bisa mencapai 80%, jika sosialisasi gencar dilakukan.

“Kita undang pelajar perwakilan setiap sekolah. Kita harapkan, mereka bisa menyampaikan kepada teman-teman pelajar lain bahwa Kabupaten Lebak akan menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati,” harapnya (*)