172 Pantarlih Siap Sukseskan Coklit di Kecamatan Cibeber Cilegon

CILEGON – PPK Kecamatan Cibeber Kota Cilegon siap melaksanakan Coklit serentak untuk mensukseskan Pilkada 2024.

Fery Setiawan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cibeber Bidang Data dan Informasi mengatakan 172 petugas Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) setelah mendapatkan pembekalan E-Coklit dari KPU Kota Cilegon para petugas Pantarlih siap terjun ke masyarakat secara door to door.

“Untuk sejauh ini, mulai dari tanggal 24 Juni 2024 petugas sudah mendapatkan bekal bimbingan teknis secara menyeluruh. Melalui E-Coklit ini, karena sistem nya berbasis aplikasi, jadi pantarlih itu bisa terdeteksi bergeraknya kemana saja,” ucap Fery saat ditemui di kantornya, Selasa, (26/6/2024).

Loading...

Fery juga mengatakan dengan E-Coklit kali ini memudahkan para petugas Pantarlih dalam melakukan proses penelitian dan pencocokan data pemilih saat ini.

“Sistemnya memudahkan sekarang, karena mereka (pantarlih, red) bisa lewat hp, kita cari namanya diaplikasi, langsung terdeteksi. Jadi lebih mempermudah untuk pantarlih pada pencoklitan kali ini,” beber Fery.

Untuk menjaga asas kesopan santunan PPK Kecamatan Cibeber akan melakukan pencoklitan kepada tokoh-tokoh masyarakat sekitar terlebih dahulu, setelah sebelumnya berkoordinasi dengan RT/RW setempat.

“Mereka akan terjun door to door walaupun sudah menggunakan E-Coklit tidak menghilangkan esensi terjun kelapangan sebagai bentuk faktualisasi data. Kita memberikan fleksibilitas kepada Pantarlih untuk menemui warga yang akan dilakukan pencoklitan, dengan tetap memegang prinsip kesopan santunan,” tutup Fery. (*/Ika)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien