Bocah 10 Tahun Asal Ciwandan Ini Raih Emas Kejuaraan Pencak Silat International Banten Championship

BPRS CM tabungan

CILEGON – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh pesilat cilik berbakat kebanggaan Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Dia adalah Muhamad Alimi Rizqi (10) yang merupakan seorang siswa SDN Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan.

Ilmi berhasil meraih medali emas saat menjadi peserta pada event Kejuaraan Pencak Silat International Banten Championship Tahun 2023 di Stadion Klapa Dua, Kabupaten Tangerang pada bulan Maret lalu.

Pada kejuaraan tersebut, Kontingen Silat Laskar Budaya Bandrong Ciwandan mengirim 8 atlet pencak silat mulai tingkat SD hingga perguruan tinggi.

Dari beberapa atlet yang ada, Ilmi berhasil membawa pulang medali emas. Tentunya prestasi tersebut sangat membanggakan untuk dirinya sendiri yang masih sekolah di tingkat SD dan bagi pelatih atau gurunya.

“Ilmi merupakan pesilat kecil dari persilatan tradisional bandrong di Ciwandan dan dia mampu berprestasi di kancah nasional. Muhamad Alimi Rizqi sendiri dibina dan dilatih oleh saya,” ujar kang Usup guru pencaksilat tradisional dan berprestasi di silat tradisional bandrong sekaligus Koordinator dan Penggerak Laskar Budaya Bandrong di Kecamatan Ciwandan saat diwawancarai pada Selasa (27/6/2023).

Loading...

Hasil yang diperoleh Ilmi merupakan karunia dari Allah SWT dan atas kerja keras yang dilakukan bocah berusia 10 tahun serta latihan keras dari sang pelatih yang kerap disapa Kang Usup.

Ilmi, anak dari Himatullah dan Siti Sukaesih itu selalu bersemangat setiap kali latihan, meskipun banyak rintangan yang harus dialami oleh bocah SDN Tegal Ratu Kecamatan Ciwandan.

“Demi mendapatkan prestasi itu, tentunya Ilmu sudah melakukan latihan yang sangat teratur dan sering ikut sparing patner dengan pedepokan silat yang lain seperti PSHT, tapak suci, tapak sirih dan lain sebagainya. Serta dukungan dan doa dari orang tua yang sangat luar biasa,” ucapnya.

Selain mendapatkan medali emas, Usup menjelaskan bahwa Ilmi memiliki prestasi lain di bidang pencak silat. Seperti juara 2 di kejuaraan Pencaksilat Perebutan Piala Kemenpora di Jakarta tahun 2023 pada bulan Mei lalu.

“Tak puas dengan prestasi yang diraih, saat ini Muhamad Alimi Rizqi juga sedang dipersiapkan untuk ikut serta di ajang prestasi O2SN Tahun 2023,” terangnya.

“Selain Ilmi, pesilat-pesilat tradisional juga sekarang sudah semakin banyak yang mampu meraih prestasi. Seperti Laskar Budaya Bandrong Kecamatan Ciwandan sendiri yang sudah menyiapkan 30 atlet untuk siap lomba di masing-masing cabangnya,” pungkasnya. (*/Hery) 

Gerindra Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien