4 Prioritas SDGS dalam program CSR PT Sentra Usahatama Jaya

pcm koperasi

 

CILEGON – Sebagai perusahaan gula rafinasi yang mempunyai peran strategis dalam suply komoditas gula untuk industri pengguna dan masyarakat, PT Sentra Usahatama Jaya (SUJ) turut Berpartisipasi dalam pencapaian program Sustainable Development Goals (SDGS), yakni mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik melalui program Corporate Social Responsilbility (CSR).

Langkah konkrit yang telah dilaksanakan untuk mewujudkan kesepakatan pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan yang dilakukan pada tahun 2022, melalui Program CSR, PT. SUJ memfokuskan pada 4 (empat) prioritas SDGS yang masing-masing adalah Tujuan 1, Tanpa kemiskinan (No Poverty); Tujuan 3, Kesehatan dan Kesejahteraan yang baik (Good Health and Well-Being); Tujuan 4, Pendidikan berkualitas (Quality Education); dan Tujuan 6, Air bersih dan sanitasi (Clean Water and Sanitation).

Komitmen PT. SUJ dalam mendukung Tujuan 1 SDGS, Tanpa kemiskinan (No Poverty), diwujudkan dalam bentuk pembangunan “kampung Tangguh Jaya”, dimana melalui program tersebut PT. Sentra Usahatama Jaya Membentuk sebuah komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk ibu-ibu dan remaja putri melalui wadah Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang resmi dilaunching pada bulan Juni 2022.

Dalam prosesnya, pelaku UMKM yang tergabung dalam KUBE Tangguh Jaya ini tidak hanya diberikan berbagai pelatihan terkait dengan pengembangan bisnis (UMKM dan Pertanian), mereka juga diberikan bantuan permodalan dalam bentuk pinjaman lunak tanpa bunga yang dikelola oleh pengurus KUBE.

Melalui program ini, PT. SUJ berharap bisa tercipta masyarakat yang kreatif, mandiri dan sejahtera.

Dalam menjalankan bisnisnya, PT. SUJ tidak hanya berfokus pada profit, namun juga mempunyai komitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat yang salah satunya diwujudkan melalui program-program kesehatan.

Dalam bidang ini, pada bulan November 2022, PT. SUJ bekerjasama dengan Puskesmas Ciwandan Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon, menggelar program “Gebyar Ibu Hamil & Stunting” sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah kota Cilegon dalam penanggulangan tingginya angka Balita Stunting dan Kematian Ibu hamil di Kecamatan Ciwandan.

Loading...

Melalui program ini, PT. Sentra Usahatama Jaya Mensuport kebutuhan makanan tambahan untuk balita stunting, dan memberikan penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan gratis kepada ibu hamil, termasuk ibu balita penderita stunting. Hal ini sejalan dengan Tujuan 3 SDGs, Kesehatan dan Kesejahteraan yang baik (Good Health and Well-Being).

Masih berkaitan dengan program Kesehatan Lingkungan, pada bulan Desember 2022, PT. SUJ juga turut berpatisipasi dalam pembangunan Jamban untuk masyarakat yang tidak mampu, yang dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pola hidup bersih dan sehat sebagaimana yang diamanatkan dalam fokus 6 SDGs, Air bersih dan sanitasi (Clean Water and Sanitation).

Dari sisi demografi karyawan, tercatat bahwa mereka yang tergabung sebagai karyawan PT. Sentra Usahatama Jaya, 71% diantaranya adalah warga Cilegon.

Hal demikian sejalan dengan amanah dari pemerintah kota Cilegon yang telah menetapkan 70% dari kuota karyawan sebagai ambang batas keterisian tenaga kerja lokal.

BPRS CM tabungan

Untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) para karyawan, PT. SUJ juga aktif melaksanakan berbagai training serta workshop yang bekerjasama dengan sejumlah lembaga training nasional.

Sementara itu untuk para pemuda disekitar lingkungan perusahaan yang belum terserap sebagai karyawan, PT. SUJ juga melakukan pembinaan dalam bentuk pelatihan perbengkelan las, pemberian paket usaha perbengkelan las, dan memberikan project pengadaan tempat sampah dari drum bekas sebagai bentuk aplikasi dari skill pengelasan yang telah mereka pelajari selama mengikuti pelatihan.

Program ini efektif dijalankan sejak bulan Agustus hingga November 2022.

Tidak itu saja, sebagai bentuk pembinaan terhadap masyarakat non karyawan yang masih berstatus sebagai pelajar, Pada bulan Okober 2022, PT. SUJ juga meluncurkan program SUJ PINTAR yang didalamnya meliputi pemberian beasiswa, training dan workshop peningkatan kompetensi, pemberian skala prioritas untuk Praktek Kerja Industri (Prakerin), dan juga priotas untuk mengikuti seleksi program pemagangan.

Program – program pelatihan dan pembinaan untuk karyawan PT. SUJ, pemuda serta pelajar non karyawan tersebut adalah wujud pelaksanaan dari Tujuan 4 SDGs, yakni Pendidikan berkualitas (Quality Education). (*/Red)

Koperasi
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien