Antisipasi DBD, Kecamatan Purwakarta Fokus Berantas Jentik dan Sarang Nyamuk

Gerindra Nizar

CILEGON – Dalam rangka mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Bedarah Dengue (DBD), Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, melakukan Gerakan Serentak Pemberantasan DBD.

Gertak DBD tersebut dilakukan di lingkungan Luwung Sawo Kelurahan Kota Bumi, Kecamatan Purwakarta, sebagai wilayah yang paling banyak endemik DBD, yaitu sebanyak 28 Kasus.

“Antisipasi DBD, makanya kami lakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, khususnya di lingkungan yang endemik DBD,” ungkap Camat Purwakarta, Balukia Ikbal.

Fraksi serang
Fraksi

Sementara itu Kepala Puskesmas Kecamatan Purwakarta dr. Sefi Syaiful Kholik mengungkapkan bahwa selain melakukan program Gertak dirinya juga telah melakukan program 1 rumah 1 Pemantau Jentik, sehingga penyebaran DBD bisa diantisipasi semenjak dini dengan memusnahkan sarang dan jentik.

“Sarang jentik kami musnahkan, guna memotong proses sebelum menjadi nyamuk, dan itu tugas dari pemantau di setiap rumah, masjid dan kantor kami minta satu orang untuk bertugas memantau,” lanjutnya.

Dirinya menilai bahwa program tersebut lebih efektif dibandingkan dengan melakukan fogging, karena langsung memotong mata rantai penyebaran nyamuk.

“Ini sebenarnya lebih efektif dari pada program fogging, karena sarang dan pengembangbiakan langsung dimusnahkan,” lanjutnya. (*)

Gerindra kuswandi