Kadis DPK Siap Jadi Pembimbing Kelas Menulis PK PII MAN 2 Kota Cilegon

 

CILEGON – Ismatullah Syihabbudin  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon, akan memainkan peran penting sebagai pembimbing dan instruktur dalam kegiatan kelas menulis yang akan diadakan oleh Pengurus Komisariat (PK) Pelajar Islam Indonesia (PII) MAN 2 Kota Cilegon.

Dalam kegiatan tersebut, Ismatullah akan memainkan peran yang bertujuan untuk mendidik dan membimbing para peserta sehingga mereka dapat menghasilkan karya buku mereka sendiri.

Kelas menulis yang akan dibimbing oleh Ismatullah ini bertujuan untuk meningkatkan minat literasi di kalangan pelajar SMA dan SMP di Kota Cilegon.

“Nanti para peserta kelas akan saya ajarkan untuk mengembangkan kemampuan menulis mereka dan menerapkan kreativitas mereka dalam menciptakan karya tulis yang bermakna,” kata Ismatullah saat diwawancarai pada Senin (25/9/2023).

Kepala Departemen Kursus pada Bidang Kaderisasi PK PII MAN 2 Kota Cilegon menambahkan, bahwa salah satu fokus utama kegiatan nanti adalah memungkinkan peserta untuk menulis buku mereka sendiri.

Advertorial

Advertorial

“Pak Kadis yang juga merupakan salah satu Keluarga Besar (KB) Pelajar Islam Indonesia (PII) akan berperan sebagai mentor yang akan membimbing peserta melalui proses penulisan, memberikan umpan balik, dan membantu peserta mengatasi hambatan yang mungkin mereka hadapi dalam proses kreatif. Namun beliau meminta agar para peserta mengikuti arahannya dengan penuh konsistensi,” ujar Deswita Belfayanti sebagai Kepala Departemen Kursus.

Menghasilkan sebuah buku adalah pencapaian besar dalam dunia literasi, dan Deswita berharap, melalui pengalaman dan bimbingan KB PII itu, peserta kelas akan mampu menciptakan karya tulis yang berharga dan bermakna.

“Ini adalah langkah penting dalam memupuk minat literasi di kalangan generasi muda dan membangun keterampilan menulis yang kuat. Maka dari itu kami mengajak dan memohon serta bekerja sama dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon untuk mewujudkan itu,” jelasnya.

Selain itu, kehadiran Ismatullah sebagai instruktur di kelas menulis ini juga menunjukkan komitmen pemerintah Kota Cilegon dalam mendukung literasi dan pendidikan di wilayah tersebut.

“Dengan adanya pernyataan beliau yang mengatakan siap, berarti pemerintah setempat berharap bahwa kegiatan seperti ini akan membantu menginspirasi dan memotivasi pelajar untuk menjadi pembaca yang lebih baik dan penulis yang lebih produktif di masa depan,” imbuhnya.

Kelas menulis ini juga diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan minat literasi di Kota Cilegon dan menciptakan generasi muda yang terampil dalam berkomunikasi melalui tulisan.

“Kami PK PII MAN 2 Kota Cilegon dan Pak Ismatullah berkomitmen untuk memastikan keberhasilan program ini dan menginspirasi lebih banyak pelajar untuk menjelajahi dunia literasi,” tutupnya. (*/Hery)