KMP Mutiara Persada III Terbakar di Perairan Pulau Tunda

SERANG – KMP (Kapal Motor Penumpang) Mutiara Persada III yang berlayar dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Panjang, Lampung, terbakar di Perairan Pulau Tunda, Banten, Minggu (9/4/2017) malam kemarin sekitar pukul 21.50 WIB.

Hingga Senin (10/4/2017) ini kapal tersebut masih mengeluarkan kepulan asap sisa-sisa kebakaran.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Namun akibat kebakaran ini, sebanyak tiga mobil hangus terbakar. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Basarnas Pos SAR Banten Hairoe Amir Abyan menjelaskan, api berasal di ruangan dua deck C bawah. Saat terbakar posisi kapal berada di koordinat 05° 49′ 004″  S – 106° 17′ 42″ E.

Sankyu ks

Pegawai Stasiun VTS Merak pada Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Hernanto memastikan tidak ada korban jiwa dari kecelakaan laut ini.

Posisi kapal saat ini masih lego jangkar di perairan dekat Pulau Tunda.

“Masih proses evakuasi. Tinggal crew-crew kapalnya saja. Penumpang sekitar 70 orang telah diangkut. Bantuan dari kapal-kapal lain, ada dua kapal kargo, Basarnas, Pol Air, dan semua instansi yang terkait,” ujar Hernanto saat dihubungi wartawan, Senin.

Dugaan sementara penyebab kebakaran, lanjut Hernanto, dari roda ban salah satu mobil di deck C bawah yang meledak dan terbakar.

“Penyebabnya kita dapat informasi dari salah satu ban mobil pick up. Proses pemadaman api yang dilakukan dari semalam itu sangat luar biasa,” jelasnya. (*)