Melihat Sejarah Banten dari Film Tirtayasa Garapan Kremov Picture

Sankyu ktq

CILEGON – Komunitas Film asal Banten Kremov Picture kembali meluncurkan film terbarunya.

Bertajuk sejarah kesultanan Banten, Kremov Pictures mengangkat sejarah perjuangan Sultan Tirtayasa.

Ratusan penonton tampak antusias mengikuti Gala Premier Film Tirtayasa di Bioskop XXI Ramayana Cilegon, Selasa 21 November 2017.

Film Tirtayasa menceritakan kisah biografi tokoh yang hidup di pertengahan tahun 1600’an, dimana waktu itu Kesultanan Banten mencapai kejayaan dibawah kepemimpinan Sultan Ageng Tirtayasa (Krisna Murti Wibowo). Tetapi selanjutnya, musuh demi musuh berdatangan dari luar dan dalam kerajaan.

Dinas

Alur cerita sampai pada konflik dimana Kapten Tack (Claudio Hernan Martinaz) penjajah Belanda bersama VOC ini menutup perairan Teluk Banten yang membuat perdagangan terhenti. Belum lagi Sultan Haji (Damanik Cahya Taufik) yang juga bekerjasama dengan Kapten Tack untuk melawan Sultan Ageng Tirtayasa.

Ak

Sutradara Film Tirtayasa Darwin Mahesa mengatakan, pembuatan Film Tirtayasa mendapatkan dukungan fasilitas produksi dari Kemendikbud RI. Sebelum tahap shooting, riset panjang dilakukan oleh tim Kremov Picture untuk mendapatkan alur cerita sesuai dengan sejarah.

“Kami ingin mengangkat sejarah asli Banten. Karena anak zaman now, tidak suka membaca teks yang tebal, kami sajikan dalam film,” kata Darwin.

Gala Premier ini juga dihadiri oleh Sultan Banten Ratu Bagus Hendra
Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja, intansi pemerintah, sejumlah komunitas film dan pelajar Kota Cilegon. (*/Rama)

PDAM