MTsN 3 Cilegon Wisuda 187 Siswa Tahun Ajaran 2022/2023, Ini Pesan Kepala Kemenag

Sankyu ktq

 

CILEGON – Sebanyak 187 siswa Tahun Ajaran 2022/2023 kelas IX mengikuti acara pelepasan dan wisuda di Aula Utama Islamic Center, Masjid Agung Cilegon, Kamis (25/05/2023).

Acara pelepasan dan wisuda tersebut dihadiri oleh Lukmanul Hakim Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cilegon, Titim Fatimah Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penma) Kemenag Cilegon, Rahmadi Ramidin, Lurah Gerem, komite, para pengawas, kepala-kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri dan juga kepala madrasah anggota KKM MTsN 3 Kota Cilegon serta guru dan orang tua siswa dan tamu undangan lainnya.

“Kami menginginkan siswa yang sudah lulus ini melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya dan kemudian berupaya mengamalkan ilmu pengetahuan yang sudah disampaikan kepada mereka dari Bapak Ibu dewan guru ,” kata Kepala Kantor Kemenag Cilegon Lukmanul Hakim dalam sambutannya.

Lebih lanjut Lukman juga menegaskan kepada orang tua peserta didik bahwa pendidikan madrasah bukanlah hal yang salah, justru terdapat perbedaan antara pendidikan madrasah dengan sekolah umum.

Ak

Sekolah madrasah dinilai oleh Lukman sebagai pendidikan yang memiliki nilai plus, selain mengandung kurikulum pendidikan umum, di dalam pendidikan madrasah juga terdapat lebih banyak pelajaran keagamaan.

“Dan kepada orang tua siswa yang memilih untuk menyekolahkan anak-anaknya di MTS Negeri 3 Kota Cilegon itu bukanlah hal yang salah. Madrasah ini memang sebuah pilihan yang tepat, karena madrasah memiliki kelebihan terutama dalam hal yaitu pendidikan agama,” ucap Lukman.

Dinas

Di tempat yang sama, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Cilegon, Ali Yakub mengatakan bahwa para peserta didik yang telah lulus khususnya siswa kelas IX, agar tetap menjaga tali silaturahmi dengan madrasah yang telah membawa mereka sampai di titik ini.

“Harapan saya selaku Kepala Madrasah, mereka tetap bisa menjaga ukhuwah mereka, persahabatan dengan sesama alumni MTS Negeri 3 Kota Cilegon yang tahun 2023 ini kemudian juga mereka tetap menjaga hubungan yang baik dengan dewan guru MTS Negeri 3 Kota Cilegon,” harap Ali.

Selain itu Ali juga mengingatkan kepada seluruh siswa agar mengamalkan ilmu yang didapat di sekolah ke dalam kehidupan sehari-hari dan di pendidikan selanjutnya.

“Kemudian mereka bisa mengamalkan apa yang mereka dapatkan selama ini di MTS Negeri 3 Kota Cilegon dan di jenjang pendidikan selanjutnya baik di Madrasah Aliyah, di SMK ataupun di SMA,” jelasnya.

Ali berharap, peserta didik yang telah lulus itu bisa melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang SLTA. Mendorong akan hal itu, MTsN 3 Cilegon juga siap mensupport dalam hal adminstrasi begitu pula dengan pihak kelurahan dalam hal ini ada Kelurahan Gerem.

“Harapan kami mereka tidak ada yang putus sekolah mereka harus terus melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Kamu nanti akan memberikan support dalam motivasi kemudian juga hal-hal yang memang mungkin nanti dibutuhkan terkait yaitu administrasi yang dibutuhkan mereka. Tadi dari pihak kelurahan juga, mereka menginginkan siswa ini terus lanjut. Apabila ada permasalahan dari pihak kelurahan tadi Pak Lurah Gerem siap membantu untuk menyelesaikan permasalahan terkait hal adminstrasi,” kata Ali memaparkan.

“Harapan kami yang lain, ya mereka bisa menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi masyarakat bagi agama bagi bangsa dan negara dan juga bagi almamaternya sendiri,” imbuhnya. (*/Hery)

PDAM