Pemkot Cilegon Gelar MoU dengan Kanwil Perbendaharaan dan 3 Universitas

Loading...

 

CILEGON – Pemerintah Kota Cilegon lakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten tentang Sinergitas Pemanfaatan Bersama Data dan Informasi serta Penguatan Koordinasi Penyelenggaraan Pelaksanaan Kebijakan Pengelolaan Keuangan Publik dalam Pelaksanaan Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, sekaligus dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Cilegon dengan Universitas Primagraha, Universitas Bhakti Kencana dan Universitas Serang Raya tentang Kerjasama Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Sumber Daya Manusia dan Pemberian Bantuan Pendidikan untuk Masyarakat yang berlokasi di Aula Setda II Kota Cilegon, Senin (28/03/2022).

Walikota Cilegon, Helldy Agustian dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak yang lakukan penandatanganan MoU.

“Atas nama Pemerintah Kota Cilegon, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten atas Penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kota Cilegon dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten tentang sinergitas pemanfaatan bersama data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” tuturnya.

“Saya juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Universitas Primagraha, Universitas Bhakti Kencana dan Universitas Serang Raya atas Penandatangan nota kesepahaman tentang kerjasama pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya manusia dan pemberian bantuan pendidikan untuk masyarakat,” sambungnya.

Sankyu rsud mtq

Lebih lanjut, Helldy mengatakan bahwa Penandatangan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kota Cilegon dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten merupakan bentuk pertukaran data dan informasi keuangan.

“Penandatanganan ini dilakukan sebagai bentuk dari pertukaran data dan informasi publik dan atau wilayah Kota Cilegon dalam kerjasama penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,” katanya.

“Sementara itu, Penandatangan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Kota Cilegon dengan 3 Universitas, yang terdiri dari Universitas Primagraha, Universitas Bhakti Kencana dan Universitas Serang Raya juga dilakukan dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus pengembangan sumber daya manusia dan pemberian bantuan pendidikan untuk masyarakat,” sambungnya lagi.

Di akhir sambutannya, Helldy mengucapkan terima kasih perihal opini WTP yang berhasil diperoleh Kota Cilegon selama 8 kali berturut-turut.

“Kami berterima kasih selama ini 8 kali berturut-turut Kota Cilegon sudah mendapatkan WTP, kami juga berharap tahun ini yang ke-9 itu harus dapat WTP,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Banten, Ade Rohman dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan merupakan unit Eselon I yang berperan mendukung terciptanya pengelolaan keuangan negara yang tertib.

“Saya sampaikan pada kesempatan ini bahwa Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai salah satu unit Eselon I di Kementerian Keuangan yang memiliki peran penting untuk ikut mendukung terciptanya pengelolaan keuangan negara yang tertib, efisien, transparan dan reputable,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ade mengatakan bahwa untuk mewujudkan sinergi dan keselarasan pengelolaan keuangan di daerah, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan membangun kerjasama kemitraan.

“Sebagai representasi dari Kementerian Keuangan di daerah dan Chief Economist, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan perlu membangun kerjasama kemitraan dengan berbagai stakeholder di daerah untuk mewujudkan sinergi dan keselarasan pengelola keuangan di daerah,” katanya.

“Pada kesempatan ini, izinkan kami Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai representasi kementrian keuangan di daerah mengucapkan apresiasi atas koordinasi dengan baik dengan tujuan sebagai pelaksanaan kerjasama dan bersinergi,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ade mengatakan bahwa kualitas data keuangan di Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah mengalami peningkatan.

“Dalam hal ini, kualitas data keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan, tentunya Pemerintah Pusat dan Daerah patut bangga dari atas capaian tersebut, namun Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah juga harus berusaha untuk meningkatkan pengelolaan keuangan ke arah yang lebih baik,” tutupnya.

Di akhir sambutannya, Ade mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Cilegon atas penyelenggaraan Penandatangan Nota Kesepahaman.

“Apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada Pemerintah Kota Cilegon atas terselenggaranya nota kesepahaman antara Pemerintah Kota Cilegon dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan, melalui nota kesepahaman ini semua berharap dapat meningkatkan sinergitas pemanfaatan bersama data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” tutupnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Serang Raya, Hamdan mengawali sambutannya memberikan apresiasi kepada Walikota Cilegon atas kinerjanya yang berdampak positif pada Sumber Daya Manusia.

“Saya memberikan apresiasi kepada Wali Kota Cilegon, atas program kerja dari Wali Kota Cilegon ini betul-betul realistis, artinya langsung berdampak kepada masyarakat, mengapa saya katakan demikian karena yang utama yang di kejar adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM),” ungkapnya.

Hamdan juga mengatakan bahwa Sumber Daya Manusia harus menjadi fokus utama.

“Pengembangan Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan fokus utama, maka sesuai dengan kesepakatan bersama pada hari ini, Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dari 3 Universitas, yaitu Universitas Serang Raya, Universitas Primagraha, dan Universitas Bhakti Kencana dilakukan dalam rangka mengembangkan SDM, ilmu pengetahuan dan teknologi,” pungkasnya. (*/Red)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien