Penerimaan Retribusi PBG Dinas PUPR Cilegon Tahun 2023 Lampaui Target

 

CILEGON – Realisasi capaian pendapatan retribusi Penataan Bangunan Gedung (PBG) pada Dinas PUPR Kota Cilegon tahun anggaran 2023 sudah melampaui target.

Kepala Bidang Penataan Bangunan Gedung (PBG) pada Dinas PUPR Kota Cilegon Romy Dwi Rahmansyah menyampaikan hal tersebut di ruang kerjanya, Selasa (5/12/2023).

Menurutnya, target Pendapatan Asli Daerah dari sektor retribusi PBG yang dibebankan pada Dinas PUPR anggaran reguler tahun 2023 semula sebesar Rp8 miliar.

Namun seiring dengan adanya penambahan pendapatan pada tahun anggaran perubahan, target tersebut bertambah Rp1 miliar sehingga total target menjadi Rp9 miliar.

Advertorial

Advertorial

“PAD yang dibebankan pada Dinas PUPR khususnya bidang PBG di akhir November kemarin sudah melampaui target. Dari semula Rp9 miliar, Alhamdulillah saat ini sudah melebih target yaitu sembilan miliar empat ratus juta rupiah.” kata Romi.

Target itu menurut Romy merupakan target realistis yang sudah direncanakan dengan matang dan tidak berlebihan.

Adapun yang mendominasi capaian tersebut adalah dari sektor industri. Sehingga dengan adanya kerjasama tim yang baik bersama pihak industri, pihak property dan sekaligus masyarakat yang memiliki kepatuhan terhadap kewajiban membayar retribusi, akhirnya target retribusi PBG dapat terlampaui.

“Yang pasti kita pro aktif ke lapangan baik dari pendataan dan sosialisasi sekaligus dorongan baik terhadap Masyarakat umum, industri dan property agar segera mengurus PBG.” ujarnya.

“Memang banyak juga dari pihak usaha industri yang memiliki komitmen dalam mengurus PBG ini. Jadi semua bisa tercapai atas kerjasama yang baik antara tim kita dengan pihak masyarakat.” tambahnya.

Romy juga berkomitmen pada tahun 2024 mendatang akan terus meningkatkan kinerja dan melihat potensi yang ada guna meningkatkan PAD dari sektor retribusi PBG di Kota Cilegon. (*/Wan)