Sanuji Pentamarta, Ustadz Yang Terpilih Jadi Wakil Walikota Cilegon

CILEGON – Dalam wawancara bersama Tim Fakta Banten, Wakil Walikota Cilegon Terpilih Sanuji Pentamarta jelaskan beberapa hal yang banyak belum diketahui publik, dari soal yayasan, hingga aspirasi yang diterima dari masyarakat saat berkeliling Kota Cilegon.

Selain mendampingi Walikota Cilegon Terpilih Helldy Agustian, ternyata Sanuji Pentamarta adalah pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina yayasan yang bergerak dibidang dakwah yakni, Yayasan Islam Qudwatul Ummah. Lalu di bidang pendidikan nama sekolahnya Al-Qudwah yang terdiri dari TK, RA, SD, SMP, SMA, hingga Boarding.

“Dibidang sosial ada Qudwah Care,” kata Sanuji, Jumat, (15/1/2021).

Rutinitas shalat subuh berjamaah keliling masih Ia lakukan, baginya bila suatu daerah ingin maju dan penuh keberkahan maka masyarakatnya harus senang bangun pagi. Dimana, dua rakaat sholat subuh lebih baik dari dunia dan seisinya, dan di Cilegon banyak masjid yang ramai shalat subuh.

Forbis

Dengan Wilayah yang tak begitu luas sekitar 1/20 wilayah Kabupaten Pandeglang, namun memiliki potensi yang besar, serta sejarah besar baik geger cilegon, krakatau stell, pelabuhan serta dijuluki the main gate of java atau pintu gerbang pulau jawa.

“Kita penuh potensi baik industri, kepelabuhanan dan sejarahnya, kedepannya tentu optimis. Sebagai sumber daya itu bisa sinergi kita punya masyarakat, pemerintah dan industri itu bisa sinergi yang kuncinya komunikasi untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya saat ditemui di kediamannya.

Saat ditanya soal Data di Provinsi Banten Gini Ratio untuk perkotaan meningkat dari Tahun 2019 sebesar 0,355, di Maret ini menjadi 0,360. Sanuji menilai bila gini ratio meningkat maka kesenjangan meningkat, dimana tingkat kemiskan semakin dalam. Baginya, ini tak bisa lagi diberikan hanya himbauan atau seruan, harus ada intervensi berupa kepedulian keberpihakan dan keseriusan.

“Pemerintah harus support dan bantu bagi mereka seperti soal sumber daya ekonomi, pelayan dasar. Ini tak bisa dibiarkan lagi,” tuturnya.

Menjadi bagian dari Pemerintah sejak tahun 1999, dimana saat itu ia terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Lebak, Sanuji menilai peran keluarga begitu penting. Dimana, Ia dididik dalam menanamkan kepedulian untuk membantu orang lain, dari kepedulian kecil itu meningkat ke wilayah yang lebih luas lagi.

“Saya senang berorganisasi sejak sekolah hingga kuliah dan ini menambah kepedulian itu. Basisnya adalah kepedulian kepada problematika saudara kita tentang kesulitan orang lain,” pungkasnya. (*/A.Laksono).

Ucapan sekda Dan dprd banten
Royal april