Tinjau Pelabuhan Merak, Menko Hadi Himbau Masyarakat Agar Mudik Lebih Awal 

CILEGON – Menkopolhukam Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Agus Subiyanto melakukan tinjauan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, pada Senin (1/4/2024).

Tinjauan dilakukan guna memastikan kesiapan dan keamanan selama pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H di lintas penyeberangan sibuk Merak-Bakauheni, yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera.

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa pos keamanan, pos layanan, dan pos terpadu telah disiapkan dengan baik di sepanjang jalur mudik menuju Merak.

“Dari kesiapan yang telah dilaksanakan ini akan menjamin keamanan para pemudik. Hari ini sudah dikoordinasikan dan diuji coba, semua sudah dalam kondisi baik,” jamin Hadi.

Hadi mengimbau para pemudik untuk menggunakan rest area dan fasilitas yang telah disediakan, seperti layanan kesehatan, pusat informasi, dan hiburan, agar dapat istirahat dengan baik dan mengurangi tingkat kelelahan, yang pada gilirannya dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

“Insha Allah, mudik tahun 2024 ini akan berjalan aman. Di lapangan juga ada pasukan gabungan dari TNI, Polri, ormas, dan Pramuka untuk membantu menjaga kelancaran mudik,” tambah Hadi.

Hadi juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo yang mengimbau masyarakat agar melakukan perjalanan mudik lebih awal sebagai antisipasi terhadap kepadatan kendaraan.

Kartini dprd serang

“Saya minta kepada masyarakat agar melakukan perjalanan mudik 1 hari sebelum berangkat untuk membeli tiket dan mengisi manifest di aplikasi,” tutur Hadi.

Kapolri Listyo Sigit juga mengingatkan akan potensi kejadian darurat di lapangan selama arus mudik, mengingat lonjakan pemudik tahun ini diprediksi naik sebesar 15% dari angka realisasi Angkutan Lebaran tahun lalu.

Kapolri Listyo menambahkan bahwa pihaknya mendukung imbauan Presiden untuk mudik lebih awal agar arus mudik berjalan lebih lancar.

“Masyarakat dapat mengatur waktu perjalanan untuk menghindari puncak-puncak mudik. Yang biasanya melakukan perjalanan pada malam hari, disarankan untuk bergeser ke siang hari,” tegas Listyo.

Listyo juga mengapresiasi upaya ASDP yang telah melakukan peningkatan prasarana, sarana, pelayanan, dan fasilitas di Pelabuhan Merak untuk menghadapi lonjakan pemudik tersebut.

Sebelumnya Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengungkapkan fasilitas tambahan yang disediakan ASDP sebagai poin kritikal untuk mengurai arus kendaraan di kawasan pelabuhan apabila terjadi kepadatan selama musim mudik. Salah satu yang disoroti adalah penerapan delaying system.

“Sejumlah titik lokasi buffer zone di luar pelabuhan telah disiapkan ASDP yang berfungsi sebagai delaying system. Dari arah jalan tol Jakarta-Tangerang, terdapat tiga titik buffer zone ASDP, yakni berada di rest area KM 13, KM 43, dan KM 68, yang dilengkapi dengan tambahan tenaga pelayanan untuk melakukan screening pengguna jasa yang belum memiliki tiket,” pungkasnya. (*/Hery)

Polda