Ekonomi Banten 2024 Tumbuh 4,51 Persen

Lazisku

SERANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten, mencatat pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2024 tumbuh sebesar 4,51 persen. Angka tersebut lebih kecil dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang sebesar 4,66 persen.

Melambatnya pertumbuhan ekonomi di Banten ini disebabkan tiga sektor menurut lapangan usaha tumbuh negatif secara tahunan. Di antara pertanian, kehutanan dan perikanan -7,92 persen, pengadaan listrik dan gas -10,45 persen, pertambangan dan penggalian -11,49 persen.

Kepala BPS Provinsi Banten Faizal Anwar mengatakan, kinerja pertumbuhan ekonomi di Banten pada triwulan I ditopang oleh berbagai peristiwa ekonomi seperti momen Ramadan, pemilu presiden dan legislatif, dan meningkatnya produksi padi sebesar 31 persen.

“Namun, secara tahunan produksi padi menurun 74 persen, ini terjadi karena ada pergeseran panen dan tanam pada tahun 2024 periode Januari sampai Maret,” kata Faizal dalam keterangannya, Senin (6/5/2024).

Agenda yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi di Banten lanjut dia, adalah meningkatnya kinerja lapangan usaha pada fase indeks lebih dari 50 perswn, penjualan sepeda motor tumbuh 14 persen dan sektor transportasi angkutan yang tumbuh positif.

“Nilai ekspor secara kuartal tercatat mengalami peningkatan dari 3,08 miliar Dolar AS naik menjadi 3,11 miliar Dolar AS. Termasuk impor Banten naik 9,17 miliar Dolar AS menjadi 9,26 miliar Dolar AS,” ungkap Faizal. (*/Faqih)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien