Hasil Babak Final Musabaqoh Fahmil Qur’an Putra MTQ XIX Banten: Kota Tangsel Jadi Juara 1

Gerindra Nizar

SERANG –  Kafilah Kota Tangerang Selatan menang dengan skor 1325, mengalahkan ketiga tim lainnya pada Final Cabang Perlombaan Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ) Putra Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XIX Tingkat Provinsi Banten Tahun 2022.

Pertandingan final MFQ Putra Provinsi Banten 2022 di Banten Room Hotel Marbellla Anyer, Rabu (30/11/2022), berlangsung setelah final MFQ Putri diadakan. Pertandingan berlangsung menarik, karena dari keempat tim semuanya sama-sama kuat dan diunggulkan. Ketegasan seorang putra dalam menjawab soalan pun menambah suasana semangat dan tegang pada perlombaan tersebut.

Musabaqoh Fahmil Qur’an sendiri merupakan salah satu cabang perlombaan dalam MTQ yang lebih dikenal dengan cerdas cermat Al-Qur’an. Materi-materi dan kemampuan yang dilombakan meliputi Fiqih dan Ushul Fiqih, Hadits dan Ulumul Hadits, Ulumul Qur’an, Sejarah Islam di Indonesia, menyampaikan kandungan ayat yang dibacakan, menerjemahkan ayat Alqur’an, melanjutkan ayat, bahasa Inggris, soal berbahasa Arab, Qiraat Sab’ah, menebak lagu Tilawatil Qur’an, ilmu waris atau mawaris, menulis ayat dengan Rasm Utsmani dan lain sebagainya, meliputi ilmu-ilmu tentang Al-Qur’an.

Fraksi serang

Peserta pertandingan yang berlangsung sengit itu terdiri dari kafilah yang menang di babak penyisihan. Mereka terdiri dari Kafilah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang, Kabupaten Lebak.

Hasil Pertandingan Final Cabang Perlombaan MFQ Putra itu langsung diketahui ketika saat perlombaan usai pada Rabu (30/11/2022) siang.

Fraksi

Juara 1 diraih oleh Kafilah dari Kota Tangerang Selatan yang terdiri dari Sauqi, Dayat, dan Azzura dengan perolehan skor 1325. Skor ini masih dibawah skor juara 1 MFQ Putri yang diraih oleh Kabupaten Tangerang dengan perolehan skor 1400.

Perolehan skor Kota Tangerang Selatan didapat dari 10 soal paket yang diberikan, dan mereka berhasil menjawab semuanya dengan sempurna dan mendapat 100 poin, hanya soal nomor 1 mereka menjawab kurang sempurna dan mendapatkan poin 75 dari dewan hakim.

Total skor Kota Tangsel dari soal paket miliknya berjumlah 975. Bukan hanya itu, mereka juga aktif dalam menjawab soal lemparan atau soal paket kafilah lain yang tidak bisa dijawab. Dari soal lemparan tersebut mereka berhasil menjawab benar 3 soal, dan menjawab salah 2 soal. Total akhir skor dari soal lemparan milik Tangsel berjumlah 150.

Pada babak rebutan juga mereka berhasil mendapat kesempatan untuk menjawab 4 soal, kesigapan dan pemahaman mereka membuat mereka bisa mendapatkan soal itu. Namun dari 4 soal yang ada, Kafilah Kota Tangsel hanya berhasil menjawab 2 soal saja, dan 2 soal lainnya salah, kemudian dikurangi poinnya. Total skor dari soal rebutan untuk Kota Tangsel adalah 200.

Mengikuti Kota Tangsel, Kafilah Kota Tangerang berhasil menjadi Runner up atau juara 2 pada perlombaan MFQ Putra. Dengan perolehan skor dari soal paket sama seperti Kafilah Kota Tangsel, mereka mendapat 975 poin, dari soal lemparan mereka mendapat 50 poin dan dari soal rebutan mendapat 200 poin, total akhir poin mereka adalah 1225. Tim dari Kafilah Kota Tangerang itu terdiri dari Shahka Kahlid, Kandias Setia Putra Kusnadi, dan Azzam Humaidi.

Kafilah unggulan lainnya yang diharapkan mendapatkan juara adalah Kabupaten Tangerang. Performa mereka di babak penyisihan sangat baik sekali, namun ketidakberuntungan menghampiri mereka. Tim yang mereka hadapi di final juga sama sama kuat dan beruntung, maka dari itu tim yang terdiri dari Eka Saputra, Ridho Ardesan, dan Raihan Ramadhan hanya berhasil mendapatkan juara ketiga.  (*/Hery)

Gerindra kuswandi