Hasil Babak Final Musabaqoh Fahmil Qur’an Putri MTQ XIX Banten: Kabupaten Tangerang Jadi Juara 1

Gerindra Nizar

 

SERANG – Kafilah Kabupaten Tangerang menang dengan skor 1400, mengalahkan ketiga tim lainnya pada Final Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ) Putri Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XIX Tingkat Provinsi Banten Tahun 2022.

Pertandingan final MFQ Putri Provinsi Banten 2022 di Banten Room Hotel Marbellla Anyer, Rabu (30/11/2022), berlangsung dengan pertarungan yang cukup alot, karena keempat finalis saling memberikan performa yang terbaiknya dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

Fraksi serang

Musabaqoh Fahmil Qur’an sendiri merupakan salah satu cabang perlombaan dalam MTQ yang lebih dikenal dengan cerdas cermat Al-Qur’an.

Materi-materi dan kemampuan yang dilombakan meliputi Fiqih dan Ushul Fiqih, Hadits dan Ulumul Hadits, Ulumul Qur’an, Sejarah Islam di Indonesia, menyampaikan kandungan ayat yang dibacakan, menerjemahkan ayat Alqur’an, melanjutkan ayat, bahasa Inggris, soal berbahasa Arab, Qiraat Sab’ah, menebak lagu Tilawatil Qur’an, ilmu waris atau mawaris, menulis ayat dengan Rasm Utsmani dan lain sebagainya, meliputi ilmu-ilmu tentang Al-Qur’an.

Pada Babak Final MFQ Putri yang berlangsung sengit itu, peserta berasal dari Kafilah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang.

Melihat hasil pada babak penyisihan, Kabupaten Tangerang merupakan salah satu tim yang diunggulkan dan diharapkan menjadi juara. Karena melihat skor yang mereka peroleh pada babak penyisihan yaitu 1375 dan mengalahkan tuan rumah yaitu Kabupaten Serang yang mendapat skor 400.

Fraksi

Bukan hanya Kabupaten Tangerang, Kota Serang juga, jikalau melihat babak penyisihan mereka diunggulkan untuk menjadi juara. Mereka berhasil mengalahkan Kabupaten Lebak dan lanjut ke babak final dengan skor 1075.

Begitupula Kota Tangerang Selatan yang berhasil menang tipis dari Kota Tangerang, dengan melewati pertarungan sengit dan berakhir di skor untuk Kota Tangsel 800 dan Kota Tangerang 700.

Sedangkan Kabupaten Pandeglang, karena peserta MFQ Putri itu masih baru, maka skor yang mereka dapatkan di babak penyisihan juga sedikit, dan berhasil menang tipis juga dari Kota Cilegon. Alhasil pada babak final, Kabupaten Pandeglang menjadi urutan keempat dengan skor 150.

Hasil Pertandingan Final Cabang Perlombaan MFQ Putri langsung diketahui ketika perlombaan usai pada Rabu (30/11/2022) pagi menjelang siang.

Tim dari Kabupaten Tangerang yang terdiri dari Melisa, Alfin Laila, dan Lina Mulyana, berhasil meraih gelar juara 1 dengan perolehan poin 1400.

Mengikuti Runner up, juara 2 berasal dari Kafilah Kota Serang yang terdiri dari Hauna Fadhilatul Ulya, Shofwan Sholehatun Nisa, dan Reina Pinkan Setiawan, dengan perolehan skor 1025.

Dan juara ketiga diraih oleh kafilah asal Kota Tangerang Selatan yang terdiri dari Aqila, Ihdi, dan Rahma dengan perolehan skor 775. (*/Hery)

Gerindra kuswandi