Hunian Kamar Hotel Berbintang di Banten Turun pada Januari 2021

SERANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten melaporkan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel bintang di Banten pada Januari 2021 turun 1,45 poin. Demikian terungkap saat BPS Banten merilisnya pada Senin, (1/3/2021).

“TPK hotel berbintang Banten pada Januari 2021 mencapai 37,06 persen atau turun 1,45 poin dibanding bulan sebelumnya yaitu sebesar 38,51 persen,” ujar Kepala BPS Banten, Adhi Wiriana dalam keterangan tertulisnya.

Sementara kata Adhi, dibandingkan bulan yang sama tahun lalu turun sebanyak 11,99 poin.

Forbis

BPS Banten menyebut, rata-rata lama menginap tamu (RLMT) gabungan (asing dan Indonesia) pada hotel berbintang selama Januari 2021 mencapai 1,58 hari.

“Atau naik 0,17 poin dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 1,41 hari, sementara dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, RLMT gabungan naik sebesar 0,22 poin,” jelasnya.

BPS mengungkap bagaimana perkembangan TPK selama setahun terakhir. Menurutnya, perkembangan TPK memperlihatkan kondisi yang masih berfluktuatif, yakni pada bulan Januari 2021 mengalami penurunan.

“Hal ini dikarenakan minimnya hari libur di bulan Januari 2021 dan belum banyak penyelenggaraan MICE (Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran), di bulan ini,” katanya.

Adhi memprediksi, TPK satu bulan ke depan diperkirakan akan mengalami penurunan dikarenakan meski terdapat libur hari raya Imlek, namun karena pemerintah menetapkan PSBB kata Adhi, maka jumlah wisatawan tidak mengalami perubahan yang signifikan. (*/Faqih)

Ucapan sekda Dan dprd banten
Royal april