Jambore Pemuda Diharapkan Mampu Ciptakan SDM Berkarakter

SERANG – Jambore Pemuda Daerah (JPD) Se-Provinsi Banten resmi dibuka pada hari Kamis tanggal 26 Juli 2018, bertempat di Bumi Perkemahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka, Kota Serang.

Sekitar 500 peserta dari seluruh Kabupaten/Kota di Banten mengikuti kegiatan yang diselenggarakan tiap satu tahun sekali.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten, Deden Apriandhi mengatakan, bahwa kegiatan JPD tersebut sebagai ajang pembentukan karakter pemuda yang diharapkan oleh bangsa dan negara.

“Kita ingin pemuda yang tangguh secara pemikiran, tangguh secara mental, kemudian mereka bisa bersosialisasi dengan baik dan berperilaku dengan baik,” ucapnya kepada faktabanten.co.id seusai membuka secara resmi kegiatan tersebut.

dprd tangsel

Dikatakan Deden, berdasarkan dinamika yang terjadi pada pemuda di Banten, dirinya optimis pemuda-pemuda Banten mampu bersaing dengan pemuda-pemuda dari seluruh Indonesia.

“Dengan jumlah pemuda di Banten yang berjumlah ratusan ribu bahkan jutaan mungkin, kita lihat banyak yang memiliki potensi untuk bisa bersaing di Indonesia, baik dari segi kewirausahaan, kepeloporan dan segi lainnya,” ungkapnya.

Disampaikannya, kegiatan JDP Banten tersebut menjadi ajang seleksi bagi Dispora untuk memilih pemuda-pemuda yang berkompeten untuk nanti diikutsertakan dalam gelaran JPI (Jambore Pemuda Indonesia) yang akan dilaksanakan di Bangka Belitung.

“Yang terbaik disini, nanti kita akan seleksi lagi untuk berangkat ke Babel. Mengingat hanya 5 orang nanti yang akan diberangkatkan. Ini akan jadi pintu gerbang untuk membangun karakter pemuda yang bisa diharapkan bangsa dan negara,” tandasnya. (*/Ndol)

Honda