Dinas Pertanian Banten Janji Segera Distribusikan Bantuan Alsintan Pekan Depan

Sankyu

PANDEGLANG – Bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk membantu proses tanam pertanian terutama komoditas jagung yang menjadi program pemerintah pusat hingga kini belum terdistribusi hingga ke tingkat Kabupaten Kota, terlebih lagi ke petani.

Provinsi Banten sebagai salah satu daerah yang diplot sebagai lumbung jagung nasional memerlukan teknologi pertanian yang mampu menyokong hal tersebut.

Sebelumnya Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, menjanjikan akan memberikan bantuan alat tanam ini ke Kabupaten Kota di Provinsi Banten, namun hingga kini hal itu belum juga terealisasi.

Sementara menanggapi masalah tersebut, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus Tauhid menjelaskan bahwa untuk bantuan alat mesin pertanian itu pihaknya sedang mengupayakan agar bisa segera terdistribusi sampai ke Kabupaten Kota.

Sekda ramadhan

“Alsintan sedang kita proses untuk diatribusinya,” katanya kepada faktabanten.co.id dalam percakapan telepon, Sabtu (13/5/2017).

Untuk pengajuan dan penggunaan Alsintan oleh petani, menurut Agus, kewenangannya ada di Dinas Pertanian di Kabupaten Kota.

“Kalau (petani) mau pakai langsung pengajuan ke Dinas Pertanian Kabupaten Kota,” ujarnya.

Lebih lanjut ia berjanji Alsintan tersebut bisa terdistribusi dalam waktu dekat ini.

“Minggu depan insha Allah. Yang pasti tidak lewat dari Mei ini,” tukasnya. (*)

Honda