Ngeri, Presiden Jokowi Ramal Ekonomi 60 Negara Bakal Ambruk!

 

JAKARTA – Perekonomian dunia kini tidak dalam kondisi yang baik-baik saja. Sederet ancaman menanti, bahkan bisa mengakibatkan puluhan negara alami kejatuhan ekonomi.

“Bank Dunia, IMF menyampaikan ada kurang lebih 60 negara yang akan ambruk ekonominya, yang 40 diperkirakan pasti,” kata Presiden Joko Widodo, Rabu (14/6/2022).

Situasi ini disebabkan oleh pandemi covid-19 yang belum selesai disambung oleh perang Rusia dan Ukraina. Banyak negara kini harus menghadapi lonjakan harga energi dan pangan sehingga membuat inflasi meroket.

Pada sisi lain, AS juga agresif dalam kenaikan suku bunga acuan. Pelaku pasar belakangan semakin panik akibat inflasi AS yang kembali melonjak ke 8,6% (yoy). Ada peluang The Fed menaikkan suku bunga hingga 75 basis poin saat pengumuman kebijakan moneter Kamis nanti.

Ks nu

“Dan sampai saat ini, ini baru awal-awal. Oleh sebab itu, kita semuanya betul-betul harus siapkan diri,” tegas Jokowi.

Dilansir dari CNBC Indonesia yang menelusuri laporan Bank Dunia yang disampaikan oleh Jokowi. Memang ada beberapa negara yang diramal akan alami resesi. Salah satunya Rusia yang tahun ini diperkirakan -8,9%.

Negara lainnya adalah Ukraina dengan -45,1%, Kirgistan -2% dan Moldova -0,4%.

Amerika Latin juga alami kejatuhan ekonomi dibandingkan dengan tahun lalu. Antara Meksiko, Chili, Argentina, Kolombia, El Savador, Paraguay, hingga Peru.

Sementara itu untuk kawasan Timur Tengah ada Lebanon dan Suriah yang alami kontraksi, di mana masing-masing -6,5% dan -2,6%. Nasib buruk juga diperkirakan menimpa Maroko.

Asia Selatan juga bernasib sama. Ada Sri Lanka yang diperkirakan kontraksi 7,8%. Sementara Maldives dan Pakistan alami perlambatan ekonomi. (*/CNBC)

Cibeber nu