Ada Lagi yang Tuduh Muhammadiyah Sesat Gegara Beda Lebaran, Pelaku Dilaporkan ke Polisi

Dprd

JAKARTA – Ketua Riset dan Advokasi Publik Lembaga Bantuan Hukum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Gufroni mengatakan kader-kader Muhammadiyah di daerah melaporkan seorang Ustaz bernama Hafzan El Hadi ke polisi usai mengaitkan Muhammadiyah dengan Syiah melalui tulisannya di media sosial.

“Saya dengar seperti itu ya. Dari PDPM [Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah] Payakumbuh, termasuk di beberapa daerah juga di Maluku, dari AMM Maluku, sudah ada laporan di Polres di sana,” kata Gufroni, Kamis (27/4/2023).

Salah satu laporan polisi yang masuk adalah dengan nomor ADUAN/95/IV/2023/SPKT/POLRES PAYAKUMBUH pada Senin (24/4/2023).

Gufroni menyayangkan pernyataan Hafzan yang menuding Muhammadiyah sama seperti Syiah. Baginya, tudingan tersebut sangat fatal lantaran diucapkan oleh seorang tokoh agama.

Gufroni menilai sudah seharusnya budaya toleransi dijunjung tinggi oleh sesama umat Islam. Terlebih, ia mengatakan tiap organisasi keagamaan pasti memiliki pandangannya tersendiri terkait ijtihad.

Sankyu rsud mtq

“Tiap ormas kan punya pandangan sesuai dalil dan dasar hukumnya. Jangan sampai terulang lagi ya. Karena Lebaran beda hari, orang-orang seperti menyerang Muhammadiyah. Kita tetap hormati yang jadi keputusan pemerintah,” kata dia.

Dede pcm hut

Meski demikian, Gufroni memastikan PP Muhammadiyah tak akan ikut melayangkan laporan ke polisi terkait pernyataan Hafzan.

Namun, Ia tak bisa menghalangi bila pengurus atau kader Muhammadiyah di daerah melaporkan Hafzan.

“Karena ini sudah ada laporan polisi, kita ga bisa halangi teman daerah melaporkan, ya nanti kita liat aja proses hukum seperti apa kelanjutannya,” kata dia.

Hafzan di kenal sebagai guru di salah satu pesantren di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatra Barat.

Beberapa pemberitaan menyebut Hafzan sempat menyamakan Muhammadiyah dengan Syiah dalam tulisannya di sosial media.

“Yang masih menganut sekte Muhamm*diyah biar melek, ini sisi kesamaannya dengan Syi’ah. Ber-Islam lah tanpa Ormas,” begitu bunyi tulisan dalam postingannya di media sosialnya.

Belakangan Hafzan dikabarkan telah meminta maaf kepada Muhammadiyah atas pernyataannya tersebut. (*/CNN)

Bank bnten
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien