dr Zaidul Akbar Bagikan Doa Agar Hati Tenang dan Masalah Cepat Selesai, Cocok untuk Orang Sedih atau Galau

Hut bhayangkara

Semua orang pasti pernah merasa sedih atau galau. Rasa sedih atau galau biasanya disebabkan karena seseorang tengah menghadapi suatu masalah yang cukup besar.

Sebagai umat Islam, selain dengan berusaha menyelesaikan masalah untuk menghilangkan rasa sedih dan galau kita juga bisa memanjatkan doa kepada Allah SWT agar masalah segera terselesaikan.

Dilansir Faktabanten dari instagram milik dr Zaidul Akbar, @zaidulakbar, beliau membagikan doa yang bisa kita coba baca saat mengalami sedih atau galau.

Dalam tulisannya, dr Zaidul Akbar mengatakan bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan banyak doa. Seorang yang sedih bisa bahagia, seorang yang galau bisa tenang, seorang yang sedang terhimpit masalah bisa mendapat jalan keluar.

Berikut sabda Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam terkait doa yang bisa dibaca saat anda merasa sedih atau galau:

مَا قَالَ عَبْدٌ قَطُّ إِذَا أَصَابَهُ هَمٌّ وَحَزَنٌ

Tidak ada seorang pun yang sedang dilanda kegundahan dan kesedihan, lalu mengucapkan doa ini;

Loading...

اللهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي

“Ya Allāh , sesungguhnya diri ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba laki-laki Mu, dan anak dari hamba perempuan-Mu, Ubun-ubunku berada dalam genggaman-Mu, Hukum-Mu telah berjalan, dan keputusan-Mu merupakan keputusan yang adil, Aku memohon dengan seluruh nama-nama-Mu, yang engkau namai diri-Mu, atau nama yang engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau telah engkau ajarkan kepada seseorang dari hamba-Mu, atau nama yang masih engkau simpan disisi-Mu, jadikan Al-Qur’an sebagi penentram jiwaku, cahaya hatiku, pelenyap duka dan lara ku.”

dr Zaidul Akbar membagikan doa lain yang disandarkan kepada Rasulullah saw pada Shahih Al-Bukhari no.6363.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالبُخْلِ، وَالجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

“Ya Allāh aku berlindung kepada-Mu dari gundah gulana dan kesedihan, begitu juga dari kelemahan dan kemalasan, kekikiran, sifat penakut, lilitan hutang dan penindasan.”

DPRD Pandeglang

“Setiap yang Rasulullah ﷺ pasti ada kaitannya dengan menjaga hati, iman dan kemuliaan seseorang dalam hidup, urusan malas, gelisah, takut menjadi sebuah doa yang di ajarkan Rasulullah ﷺ maka itu jadi penting yang perlu diwaspadai karena dari situ bisa jadi pintu masuk syaithan,” tulis dr Zaidul Akbar.

Itulah doa yang bisa Anda baca saat merasa sedih atau galau.(*/Red)

Ks rc
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien