PT Chandra Asri Gelar Bazar Ramadhan Rutin, 3.500 Paket untuk Masyarakat Sekitar Pabrik

Gerindra Nizar

CILEGON – Komitmen PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, terus dibuktikan oleh manajemen melalui Community Development.

Pabrik kimia terbesar di Indonesia ini, Kamis (15/6/2017), kembali menggelar bazar Ramadhan yang menjual paket sembako murah hanya dengan harga Rp 50 ribu untuk setiap kupon yang dibagikan kepada 3.500 orang dari keluarga kurang mampu. Adapun paket sembako seharga tersebut berisi, beras 3 kg, gula pasir 1 kg, minyak 1 liter, terigu 1 kg, mie instant dan mentega.

Pembagian kupon sendiri dilakukan oleh pemerintah desa / kelurahan yang menjadi wilayah ring 1 PT CAP, yakni Kelurahan Gunung Sugih, Kota Cilegon, dan Desa Anyer serta Desa Kosambironyok, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang.

Fraksi serang

Terlihat hadir dalam kegiatan pasar murah tersebut, Direktur Produksi PT CAP Piboon Sirinantanakul, Manajer Comunity Development CAP Abraham Sinatrawan, Camat Anyer Khairil Anwar, dan juga Kepala Desa Anyer Ikhwan Badrudin.

“Tujuan pasar murah ini untuk meringankan beban masyarakat di bulan Ramadhan. Ini bentuk kepedulian kami, komitmen perusahaan kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Abraham kepada wartawan.

Bram kembali menegaskan bahwa apa yang dilakukan perusahaan merupakan perwujudan dari komitmen, bahwa kehadiran PT CAP memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar.

“Kami sadar bahwa kehadiran industri memberikan dampak-dampak yang kadang kala negatif dan mengganggu. Tapi perusahaan juga telah melakukan banyak hal untuk memberikan dampak positif bagi sekitar. Karenanya, pada moment ini kesempatan untuk kita bisa saling bertemu, dan membicarakan solusi yang baik untuk kedepannya,” tutur Bram.

Acara kali ini juga disebutkan bekerjasama dengan organisasi kemitraan PT CAP, yang ada di wilayah Anyer dan Gunung Sugih. Diantaranya, LPM Kelurahan Gunung Sugih, FKPSM Desa Kosambironyok, FSPP Kecamatan Anyar, KMPI Kecamatan Anyar, TTKKDH, dan juga Koperasi BUS Kelurahan Gunung Sugih.

Fraksi

Lebih dari 10 lembaga masyarakat yang selama ini jadi mitra PT CAP.

“Ini tentu jadi bukti bahwa kami bergandengan tangan dan bekerjasama dengan baik dengan masyarakat. Acara semua berjalan lancar dengan dibantu oleh mitra kami dari masyarakat,” tegasnya.

Ribuan warga sudah memenuhi kegiatan Bazar Ramadhan PT Chandra Asri sejak pembukaan pagi hari, Kamis (15/6/2017) 

 

Sementara itu, Camat Anyer Khairil Anwar, dalam sambutannya sangat mengapresiasi adanya program pasar murah yang digelar PT CAP.

“Kalau saja semua perusahaan kepeduliannya seperti Chandra Asri, maka masyarakat kita di Anyer ini makin tenang menjalani Ramadhan dan kesejahteraan akan meningkat tentunya. Tapi faktanya untuk daerah Anyer, hanya Chandra Asri lah yang peduli seperti ini,” tutur Camat Khairil Anwar.

Camat juga berharap, program seperti ini terus dilaksanakan rutin dan semakin bertambah nilai bantuannya. Selain juga wilayahnya bisa diperluas lagi, bukan hanya desa-desa terdekat saja.

“Dengan kemampuan perusahaan sebenarnya kedepan ini bantuannya bisa gratis. Wilayahnya juga tidak hanya yang dekat saja tapi bisa diperluas lagi. Namun saya mengajak kepada masyarakat agar yang ada sekarang ini alhamdulillah kita syukuri,” harap Camat.

Camat juga mengajak masyarakat dan industri lainnya agar mendukung dan meniru kepedulian PT CAP.

“Mari kita juga mendukung perusahaan agar bisa berjalan baik, usahanya semakin meningkat, sehingga semakin memberikan manfaat untuk kita,” pungkas Camat. (*)

 

Gerindra kuswandi