Wagub Banten Ingin Terapkan e-Samsat, Bayar Pajak Kendaraan Hanya Melalui Ponsel

Sekda

BANDUNG – Study banding yang dilakukan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy ke Pemprov Jawa barat (Jabar) melirik program pembayaran melalui aplikasi e-samsat.

Andika memastikan Banten segera memiliki e-samsat untuk melakukan pelayanan prima dalam hal penghimpunan pajak kendaraan.

“Beberapa pekan lalu kami sudah melakukan studi banding ke Jabar soal e-samsat ini. Dan ternyata memang e-samsat ini solusi yang sangat menjanjikan,” ujar Andika kepada wartawan, kemarin.

Andika meyakini Aplikasi ini dapat memudahkan pelayanan terhadap masyarakat untuk pembayaran wajib pajak.

Pemprov

Saat studi banding ke Jabar, Andika mengajak sejumlah kepala OPD terkait, termasuk Kepala Badan Pendapatan Daerah Opar Sohari, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Wahyu Wardana, Kepala Inspektorat E Kusmayadi, Kepala Dinas Kominfo Komari dan Staf Ahli Gubernur Enong Suhaeti.

Andika menambahkan, Jabar bekerjasama dengan Direktorat Lalu-lintas Polda Jabar juga meluncurkan program bernama Sipolin atau Sitem Informasi Pajak Online.

Aplikasi Sipolin berfungi untuk membayar pajak kendaraan bermotor roda dua dan empat, yang dapat dibayar hanya melalui telepon genggam saja. Aplikasi Sipolin dapat diunduh di Google Playstore.

“Dengan system e-samsat itu, Jabar juga bisa update datanya setiap waktu. Pejabat Badan Pendapatan Daerah di sana bisa tahu melalui HP berapa pajak yang masuk dari kabupaten/kota setiap harinya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Temon.

Lebak