AHY Ajak Masyarakat Kota Contoh Baduy yang Jaga Lingkungan

Lazisku

LEBAK – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan kunjung ke Desa Kenekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Selasa (24/4/2018).

Lawatan Ketua Kogasma DPP Partai Demokrat tersebut di wilayah pemukiman masyarakat Suku Baduy untuk bersilaturahmi dan lebih mengenal kehidupan suku Baduy.

Menurut putra mantan Presiden RI ke-6 tersebut, ia sangat menikmati perjalanan dan bersilaturahmi dengan masyarakat suku asli masyarakat Banten itu.

Ks

“Saya sangat menikmati pemandangan alam yang disuguhkan di kiri dan kanan saat perjalanan tadi. Dan saat saya tiba di sini, benar-benar terasa sejuk. Adem hati ini karena disambut dengan keramah-tamahan, disambut dengan alam yang begitu asri, begitu indah dan begitu natural. Ini bagi saya adalah sebuah penyemangat bagi kehidupan karena Bapak-Bapak sekalian, di Jakarta sulit sekali mencari yang seperti ini. Oleh karena itu saya sangat menikmati suasana yang ada di Kenekes ini,” kata AHY.

Kpu

Kepada wartawan, AHY sangat mengapresiasi masyarakat Baduy yang sudah melestarikan tradisi, adat, dan budaya sejak generasi pendahulu.

“Saya tentunya sangat mengapresiasi, apa yang terus diperjuangkan oleh masyarakat Baduy, yang ingin terus mengabdikan dirinya dalam rangka melestarikan tradisi, adat, budaya yang diturunkan dari leluhur, dari generasi pendahulu, sampai dengan hari ini,” kata AHY.

AHY berharap segala nilai positif dari kebudayaan masyarakat Baduy dapat menjadi contoh bagi masyarakat kota yang kurang memperdulikan alam sekitar.

“Dan mudah-mudahan, tentunya kita berharap segala nilai, segala prinsip kehidupan yang baik, nilai-nilai yang dipegang masyarakat Baduy sampai dengan hari ini terutama bagaimana melindungi, mencintai alam yang telah begitu baik memberikan segala hal untuk kehidupan manusia, untuk kita semuanya, bisa menjadi contoh di daerah-daerah lainnya, terutama daerah perkotaan yang sering kali tidak memperdulikan alam, yang bisa berakibat merugikan umat manusia,” pungkasnya.

Pada kujungan tersebut juga, AHY langsung turun dan mendatangi rumah-rumah warga untuk melihat proses penenunan dan menikmati alunan musik khas Suku Baduy. Beberapa kali AHY kaget dan kagum melihat anak perempuan kecil berusia delapan tahun dengan fasih menenun. (*/Sandi)

DPRD Banten LH
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien