Kolom Kosong Pilkada Lebak Menang di Beberapa TPS Rangkasbitung

LEBAK – Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lebak, yang diikuti calon petahana Iti Octavia JB – Ade Sumardi melawan kolom kosong, ternyata hasil akhirnya tidak mutlak didominasi oleh calon tunggal tersebut.

Terbukti di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) hasilnya dimenangkan oleh kolom kosong.

Seperti di TPS 03 Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung, kotak kosong mendapatkan suara sebanyak 102, sedangkan petahana hanya mendapatkan 62 suara. Kemudian di TPS 02 Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung, kotak kosong juga mendapatkan 119 suara, unggul 36 suara dari pasangan Iti – Ade yang meraih 84 suara.

Kemudian di TPS 04 Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung, kotang kosong memperoleh 136 berbanding 133 suara. Masih di kelurahan yang sama, tepatnya di TPS 5, selisih keduanya adalah 171 berbanding 105 suara. Sedangkan di TPS 01 Lebak Selatan, Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, selisih keduanya tipis antara 222 dan suara petahana mendapat 173.

Kartini dprd serang

Komisioner KPU Lebak Ace Sumirsa membenarkan adanya beberapa TPS dimana kotak kosong menang atas petahana.

KPU menilai bahwa ini merupakan ekspresi warga sesuai hati nurani dalam berdemokrasi. Tapi menurutnya data lebih jelas nanti akan dihitung secara pleno baik di tingkat Kecamatan sampai Kabupaten.

“Yang penting surat suaranya sah. Buat kita yang penting angka partisipasi pemilih dengan surat suara,” kata Ace kepada faktabanten.co.id, Rabu (27/6/2018).

Fauzan Hamdy salah seorang aktivis yang selama ini mengkampanyekan untuk memilih kotak kosong menjelaskan bahwa ada beberapa TPS di Rangkasbitung yang dimenangkan kotak kosong. Daerah tersebut seperti di Desa – desa di Cijoro Lebak.

“Iya ada di wilayah Rangkasbitung. Itu hasil rekap sementara,” ujarnya. (*/Eza-YF)

Polda