Tagih Janji Kades, Puluhan Warga Desa Mekarjaya Geruduk Kantor Desa

Hut bhayangkara

 

LEBAK – Puluhan warga Desa Mekarjaya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor Desa setempat. Aksi itu dilakukan untuk menagih janji politik Kepala Desa yang akan menyelesaikan limbah tambang pasir yang mencemari puluhan sawah milik warga, Senin (28/8/2023).

Koordinator aksi, Muntadir mengatakan aksi yang dilakukan oleh masyarakat ini bukan tanpa alasan. Namun, mereka sangat muak dengan janji janji kepala desa yang akan menyelesaikan permasalahan limbah tambang pasir yang mencemari bahkan sampai mengubur sawah warga.

“Ini Kepala Desa seolah acuh terkait permasalahan limbah tambang pasir ini. Yang mana sebelumnya dirinya (Kades) berjanji akan menyelesaikan masalah limbah ini dengan para pengusaha bahkan akan memberikan ganti rugi terhadap warga. Namun, sampai detik ini janji tersebut hanya isapan jempol belaka (omong kosong),” ujarnya.

Sambung dia, masyarakat Desa Mekarjaya ingin menutup perusahaan tambang yang ada di Kecamatan Cimarga, sampai perusahaan tersebut memberikan ganti rugi kepada masyarakat.

Loading...

“Mereka siap (Kades) dan Camat bersama masyarakat untuk membantu mensosialisasikan atau menyuarakan terkait limbah tersebut,” ungkapnya.

Untuk langkah kedepannya, kata dia, dirinya bersama masyarakat sudah mengirimkan surat audiensi kepada Bupati Lebak, namun belum ada balasan.

“Rencananya kami pada hari Selasa 29 Agustus 2023 akan melakukan audiensi dengan pemerintah daerah (Pemda) dan Bupati Lebak akan sikap mereka terkait permasalahan limbah tambang pasir yang telah mencemari bahkan mengubur puluhan sawah milik warga,” lanjutnya.

Dirinya pun menyayangkan pemerintah daerah maupun sikap Bupati Lebak yang seolah acuh terkait masalah ini.

“Padahal bupati sudah kami (masyarakat) undang untuk melihat ke lokasi yang terdampak akibat limbah tambang pasir ini. Namun, sampai detik ini dari pemda maupun Bupati Lebak sendiri tidak ada yang datang ke lokasi,” pungkasnya.

Sampai berita ini ditayangkan redaksi masih berusaha untuk mengkonfirmasi Kepala Desa Mekarjaya. (*/Yod/Aji)

Ks rc
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien