Wisata Kebun Teh di Kabupaten Lebak Ini Belum Didukung Akses Jalan yang Nyaman

LEBAK – Kebun teh yang berlokasi di Cikuya Tegallumbu, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, memiliki potensi untuk menjadi salah satu destinasi wisata di liburan akhir pekan. Namun untuk menuju lokasi tersebut, belum didukung akses dan infrastruktur jalan yang memadai.

Betty wisatawan asal Serang mengaku nyaman, dan menurutnya cuaca dingin di kawasan tersebut membuatnya enggan kembali ke kota.

“Cuman sayangnya, di perkebunan teh ini belum tersedianya penginapan. Padahal disini kalau tersedia seperti villa villa pasti pengunjungnya pun makin ramai, juga masalah akses jalan kesini belum maksimal,” ujar betty kepada faktabanten.co.id, Minggu (10/12/2017).

Manager PT Harendong Green Tea, Apaw, saat ditemui menjelaskan, perkebunan teh mereka sebetulnya tidak diperuntukkan untuk tempat rekreasi, namun pihaknya juga tidak menampik kalau banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut.

“Ini sebenarnya bukan tempat wisata, tetapi kami pun tidak menutup kemungkinan kalau ada yang datang ke tempat ini,” ujarnya.

Sementara terkait aksebilitas, dirinya juga mengaku miris, namun pihaknya juga pernah dijanjikan akan dibangunkan jalan menuju lokasi tersebut.

“Kalau masalah akses jalan menuju kesini jelas masih sangat memprihatinkan, tapi ibu Bupati sudah komitmen tahun 2018 inshaAllah jalan kesini akan di bangun,” ungkapnya.

Bukan saja akses jalan yang menuju Cikuya, infrastruktur penunjang seperti penginapan dan ruang restorasi perlu disiapkan untuk menunjang wisata di kawasan yang juga memiliki air terjun tersebut.

“Ini bukan saja ke perkebunan teh kami, melainkan masih ada tempat wisata air terjun Curug Ciporolak juga. Jadi masalah penginapan disini akan kami pikirkan, karena tanahnyapun sudah saya persiapkan untuk villa-villa,” imbuhnya.

“Kami pun melihat kedatangannya pengujung, kalau setiap Sabtu, Minggu pengunjung dari luar kota sampai dua tiga ratus orang baru kami akan secepatnya menyediakan villa,” tambah Apaw.

Apaw juga berharap, pemerintah Kabupaten Lebak bisa secepatnya melirik tempat ini dan mengembangkan kawasan kebun teh Cikuya ini menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Lebak. (*/Uwa endin)