www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten

Millenial: Pandeglang Butuh Pemimpin Alternatif

0
HUT Serang__Yadi__Eko

PANDEGLANG – Menjelang pesta demokrasi pada Pilkada 2020 yang semakin memanas, sederet nama-nama calon Bupati dan wakil Bupati Pandeglang ramai bermunculan dari berbagai kalangan, mulai dari tokoh masyarakat, aktivis, artis papan atas, politisi, dan sejumlah tokoh partai lainnya.

Pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang ini merupakan pesta seluruh elemen masyarakat. Hal itu sampaikan oleh Ahmad Syafaat selaku Ketua DPD Gelar Nusantara Kabupaten Pandeglang, Senin (7/10).

“Pilkada bukan soal tentang golongan atau kelompok tertentu, jadi siapapun berhak maju selagi ada niat baik, siap berkomitmen dan berkontribusi untuk masyarakat Pandeglang khususnya,” ucap Syafa’at.

Ia menilai ada paradoks di Kabupaten Pandeglang dalam reformasi birokrasi yang cenderung semu, hal seperti itu harus diputus untuk mencari pemimpin yang revolusioner dan transformatif.

“Millenial menilai Pandeglang butuh pemimpin alternatif yang nyalon jangan itu-itu saja. Perlu tokoh baru yang bisa menjadi alternatif. Oleh karena itu para aktivis, mahasiswa, dan semua pemangku kepentingan perlu turun ke masyarakat memberikan pemahaman,” Syafaat yang juga Direktur Generasi Millenial Pandeglang.

Dirinya menegaskan, skema polarisasi yang dilakukan kelompok elit menjelang Pilkada cenderung terkooptasi oleh kepentingan kelompok atau golongan, tidak mencerminkan representatif yang dibutuhkan masyarakat atau rakyat.

“Ada kekhawatiran besar bahwa menguatnya polarisasi politik akan merusak kepercayaan di masyarakat. Sikap saling percaya merupakan elemen dasar dari modal sosial bagi demokrasi. kooptasi jelas mengundang bahaya karena pihak yang terkooptasi akan cenderung mengutamakan kepentingan kelompok kecil daripada orang banyak yang seharusnya diwakilinya. (*/Red)

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Advert

error: www.faktabanten.co.id