Arus Balik di Pelabuhan Merak; Mobil Pribadi Ramai di Malam Hari

Arus Balik di Pelabuhan Merak; Mobil Pribadi Ramai di Malam Hari

CILEGON – Hingga H+5 atau pada Jum’at (30/6/2017) kemarin, arus kedatangan para pemudik di Pelabuhan Merak yang akan kembali dari Sumatera ke Pulau Jawa sudah makin meningkat.

Arus balik dari pagi hingga sore hari masih didominasi pemudik dengan menggunakan mobil pribadi dan penumpang pejalan kaki. Diperkirakan, arus mobil pribadi akan meningkat pada Jum’at malam dan Sabtu.

Direktur PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengungkapkan, sesuai data Posko Bakauheni, dari total 96.330 unit yang menyeberang dari Merak sejak H-10 hingga H Lebaran, saat ini kendaraan yang sudah kembali dari Bakauheni hingga H+4 baru sebanyak 34.762 atau baru 36 persen dan didominasi mobil pribadi.

Ks nu

“Artinya, masih 61.568 unit roda 4 yang belum kembali dari Sumatera ke Jawa. Kami prediksikan Jumat malam ini dan Sabtu malam mobil pribadi mulai ramai,” ujar Faik, Jumat (30/6) sore.

Dirinya mengungkapkan, pola arus balik dari Bakauheni ke Pelabuhan Merak, kecendrungan volume penumpang pejalan kaki ramai di siang hari, dan volume mobil pribadi akan meningkat di malam hari.

“Pagi sampai sore didominasi pejalan kaki, sementara nanti malam akan didominasi kendaraan roda 4,” jelasnya. (*)

 
Penulis: Uri.

Cibeber nu