China Bikin 2 Model Tiruan iPhone X, Harganya Rp2,1 Juta

DPRD Cilegon Idul Adha

FAKTA BANTEN – Kehebatan China meniru teknologi negara lain tidak perlu dipertanyakan lagi. Kali ini, ‘korbannya’ adalah iPhone X. Produk anyar milik Apple yang resmi meluncur pada 13 September 2017 ini berhasil ditiru oleh dua vendor China.

Keduanya adalah Blackview dan Oukitel. Mengutip situs Trustedreviews, Senin, 5 Februari 2018, perusahaan teknologi asal Shenzhen ini merilis perangkat bernama Oukitel U18.

Smartphone ini punya tampilan mirip iPhone X dan hanya dijual seharga US$160 (Rp2,1 juta). Ini harga pre-order. Namun, sejatinya U18 dilepas ke publik di harga US$180 atau sekitar Rp2,4 juta.

DPRD Pandeglang Kurban

Melihat tampilan depannya, U18 sangat mirip dengan smartphone anyar milik Apple tersebut. Punya kamera yang menyatu pada unsur layar smartphone, atau dinamakan Notch, di bagian atas.

Lalu, U18 memiliki bentangan layar 5,85 inchi dengan aspek rasio 21:9 serta beresolusi 1512×720 piksel. Yang membuatnya ‘makin dekat’ dengan iPhone X adalah U18 dilengkapi fitur Face ID untuk membuka ponsel hanya dalam 0,1 detik.

Gerindra Banten Idul Adha

Kendati demikian, Oukitel masih menyediakan sensor sidik jari (Finger Print) yang letaknya di belakang bodi. Oukitel U18 ditenagai prosesor MediaTek MT6750T dengan RAM 4GB.

Kpu

Selain itu, tersedia memori internal 64GB dengan baterai berkapasitas besar 4.000 mAh. Tampaknya, Oukitel memang fokus untuk membuat smartphone dengan daya super besar.

Kemudian, U18 dilengkapi dual-camera pada bagian belakang bersensor Sony IMX135, di mana ukurannya masing-masing 16MP dan 13MP.

Adapun, untuk selfie, dibenamkan kamera Omnivisuon 13MP. Dengan begitu, Oukitel mengklaim jika U18 akan menghadirkan pengalaman menggunakan kamera SLR.

Selanjutnya produk China lainnya yang sukses meng-copypaste iPhone X yaitu Blackview X.

Meski bezel di bagian bawahnya masih terlihat sedikit lebih tebal dibandingkan iPhone X, namun smartphone ini memiliki layar berukuran 5,85 inchi dengan format aspek rasio 19:9.

Untuk fiturnya, Blackview X telah berjalan di atas Android 8.1 Oreo, dan sudah disematkan sistem keamanan berbasis facial recognition, mirip Face ID milik iPhone X.

Selain itu, Blackview juga diperkirakan akan tampil di publik sekitar kuartal I 2018. Mengenai harga, pastinya akan jauh lebih murah ketimbang iPhone X, yang hanya dibanderol seharga US$350 atau setara dengan Rp4,6 juta. (*/Viva)

Golkar Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien