Malam Jum’at Keramat? Benarkah

DPRD Cilegon Idul Adha

FAKTA BANTEN – Jumat Kramat, sering ditafsirkan dengan hal-hal mistik. Dalam satu minggu masyarakat terdahulu mengkeramatkan satu malam yaitu Kamis malam yang sering disebut malam jumat keramat.

Munculnya kepercayaan tersebut tidaklain karena orang tua kita terdahulu mempercayai di malam ini (kamis malam) jumat munculnya roh atau jin keluar.

Kepercayaan ini, awal mulanya seperti di kutif dari netralnews.com menyebutkan pada zaman kedatangan penjajah Belanda ke Indonesia.

DPRD Pandeglang Kurban

Saat itu Belanda yang masih bagian dari orang-orang bangsa Eropa datang dengan membawa kepercayaan mistis berupa ‘Friday the 13th’

Yang saat ini diartikan bahwa setiap hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13 adalah hari yang membawa sial.

Gerindra Banten Idul Adha

Jadi, yang membuat malam Jumat identik dengan malam keramat adalah kepercayaan yang berasal dari tradisi lokal masyarakat Jawa kuno dan kepercayaan yang dianut oleh bangsa Eropa.

Oleh karena itu, mitos yang ada seputar keramatnya malam Jumat terus berkembang hingga saat ini.

Sedangkan, dalam Agama Islam sendiri seperti dilansir dari sumber berbeda, dalamislam.com Jum’at disebut hari yang istimewah dan bisa dikatakan setiap minggu kita merayakan hari raya yakni di hari Jum’at.

Bebarapa hadist menyebutkan jika hari yang paling baik dibandingkan hari lainnya ialah hari Jum’at, dimana semua muslim berkumpul dan bersujud kepada Allah SWT. Berikut hadist yang membicarakan tentang hari Jum’at

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda:

” Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat”.

Pada Hari Jum’at juga disebut sebagai Waktu yang tepat untuk Mustajab, Berdo’a Kepada Allah SWT

Abu Hurairah berkata Rasulullah saw pernah bersabda:

” Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu” (H.R  Muttafaqun Alaih)

Imam Muhammad Al-Baqir berkata:

“Allah swt memerintahkan kepada para Malaikat nya agar setiap malam Jum’at ia menyeru dari arah bawah Arasy mulai awal malam hingga akhir malam tiba: Tidak akan ada hamba mukmin yang berdoa padaku untuk keperluan dunia dan akhirat hingga sebelum terbitnya fajar kecuali aku mengabulkan/mengijabahnya,

Kpu

Membaca Do’a Malam Jum’at

Membaca beberapa do’a pada malam Jum’at akan membuat hari-hari kita selanjutnya lebih berkah dan dirahmati Allah SWT.

Dengan selalu membaca sholawat atau do’a akan membuat Allah mencintai dan senang pada kita sebagai hambanya. Dan berikut ini adalah do’a yang bisa kamu baca pada malam Jum’at

Membaca Surat Kahfi

Pada umumnya orang berpendapat jika malam jum’at seharusnya kita membaca surat yasin. Tahukah kamu jika presepsi kebanyakan muslim ini tidak sepenuhnya benar ??

Pada malam Jum’at kita sebenarnya disunnagkan untuk membaca surat Kahfi, karena berdasarkan hadits Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan untuknya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim)

Bukan berarti tidak boleh membaca surat Yasin atau surat lainnya. Allah memerintahkan umat muslim untuk rajin membuka Al-Qur’an setiap hari seusai sholat.

Membaca surat lainnya di malam Jum’at itu boleh saja, tapi alangkah lebih baik nya jika kita menjanalnkan sesuatu yang sudah di sunnah kan.

Membaca Shalawat Nabi Di Malam Jum’at

Di zaman dahulu ada seorang sahabat yang ingin bertemu dengan Rasulullah. Sahabat itu melihat Rasulullah berjalan dari kejauhan, lalu ia mengejarnya sambil memanggil “ Ya Muhammad “ “ Yas Rasulullah.. “ tapi Rasulullah tetap berjalan tanpa menoleh sedikitpun.

Sahabat laki-laki ini bingung lalu berusaha mengejar hingga akhirnya sampai di depan Rasulullah. Ia bertanya “ wahai Rasulullah, mengapa engkau tidak menjawab salam ku saat aku memanggil mu ? “ dan Rasulullah menjawab “ aku tidak menjawab karena engkau tidak pernah bershalawat atas nama ku wahai sahabat “.

Pada malam dan hari Jum’at disunnahkan untuk membaca shalawat nabi sebanyak mungkin, karena berdasarkan hadits Aus bin Aus Radhiyallahu ‘Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, bersabda:

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jum’at, karena shalawat akan disampaikan kepadaku.”

Nah.. Bagaimana menurut kawan Fakta? (*/Temon)

Golkar Banten Idul Adha
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien