Mirip Jokowi, Irna Tinjau Got Penyebab Banjir di Pasar Pandeglang Sambil Basah-basahan

PANDEGLANG – Prihatin dengan kondisi banjir yang sering melanda Pasar Badak. Bupati Pandeglang Irna Narulita secara langsung melihat gorong-gorong yang diduga menjadi penyebab banjir di Pasar Pandeglang, Rabu (29/9/2021).

Ada kejadian cukup unik, ketika kegiatan pengecekan Drainase di Jalan Jendral Ahmad Yani tersebut. Disebut unik karena Bupati Pandeglang Irna Narulita saat proses pengecekan, langsung menengok kedalam gorong-gorong Pasar Pandeglang, tanpa mengenakan jas hujan dan payung.

Padahal, pada saat pengecekan gorong-gorong, hujan lebat sedang melanda Kota Pandeglang. Alhasil seragam yang dikenakan orang nomor satu di Pandeglang tersebut, menjadi basah kuyup.

Dan Kegiatan pengecekan drainase di Pasar Badak tersebut, mengingatkan kita kepada sosok Presiden Joko widodo. Yang terkenal dekat dengan rakyat, karena aksinya yang sering blusukan.

“Pembangunan saluran air (drainase) di kawasan pasar Pandeglang ini, sebenarnya kewenangan Pemprov Banten, bukan kewenangan Pemkab Pandeglang, akan tetapi setiap kami usulkan beberapa tahun yang lalu tidak ada tindak lanjutnya dari Gubernur Banten,” kata Irna ketika kegiatan pengecekan Drainase di Pasar Badak.

Lanjut, Irna menjelaskan, bahwa pihaknya bukan mengabaikan permasalahan banjir di pasar badak. Tetapi karena kondisi anggaran Pemerintah Daerah Pandeglang yang terbatas. Ditambah anggaran yang ada, digunakan untuk membangun jalan Kabupaten.

Padahal, drainase di Pasar Pandeglang tersebut, kewenangannya berada di Pemerintah Provinsi Banten. Meski demikian, Irna optimis, bahwa permasalahan banjir tersebut bisa teratasi dengan baik.

“Walaupun jalan dan drainase di Pasar Pandeglang ini merupakan kewenangan Pemerintah Banten, tetapi tidak ada respon, tapi tidak apa-apa lah kami memaklumi, permasalahan ini akan kami selesaikan sendiri, karena pasar Pandeglang ini mukanya Pemerintah daerah, setiap kali banjir, Bupati yang disalahkan, padahal dalam hal ini tanggung jawab Pemprov Banten,“ terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, supaya permasalahan banjir di Pasar Pandeglang segera teratasi.

“Insyallah Bulan Desember akan ditenderkan pembangunannya. Sepanjang 1,4 kilo meter sebelah kanan dan kiri Pasar Pandeglang. Dan mudah-mudahan di awal Tahun sudah proses pembangunamnya,” imbuhnya.

“Akan tetapi kami berkomitmen untuk menangani permasalahan ini dan berharap pembangunannya bisa terselesaikan dengan baik,“ pungkasnya. (*/Fani)