atas

DPRD Soroti ASN Pemkot Serang yang Masih Sering Bolos

SERANG – Pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dinilai masih belum optimal. Hal tersebut tergambar dengan masih banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bolos kerja dan penempatan pejabat yang ditempatkan tidak sesuai dengan kompetensinya.

Hal tersebut diungkapkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang Fraksi Partai Nasdem Jumhadi, usai diskusi bertajuk HUT Banten ke-19 di Dalung, Kota Serang, Sabtu (5/10/2019).

Menurutnya, minimnya kesadaran ASN di lingkungan Pemkot Serang dalam disiplin kerja merupakan ciri penerapan reformasi birokrasi belum dijalankan secara maksimal.

Karena lanjutnya, reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahanan, terutama menyangkut aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia ASN.

“Masalah birokrasi yang ada di kota Serang sangat memperihatinkan ketika masih ada ASN yang sering bolos kerja dan sebagainya,” kata Jumhadi.

Sunat

Maka kata dia, Pemkot Serang harus mengambil langkah tegas dan non kompromis dalam menindak ASN yang indisipliner, karena hal ini menyangkut dengan pelayanan kepada masyarakat.

“Bagaimana mungkin Kota Serang ini akan maju jika ASN tidak punya semangat untuk bekerja,” ujarnya.

Selain itu Ia mengatakan, Pemkot Serang dalam penempatan posisi pejabat strategis harus berdasarkan kompetensi dan kemampuan serta ilmu pengetahuan, karena jika hal itu diabaikan akan berdampak pada program-program kerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak.

“Pemkot Serang harus bisa menempatkan pejabatnya sesuai dengan kapasitas, integritas dan kapabilitas sehingga birokrasi di Kota Serang bisa sehat,” pungkas politisi Nasdem tersebut.

Untuk itu, dirinya menganjurkan kepada Walikota dan Wakil Walikota Serang  segera menerapkan reformasi birokrasi dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

“Mudah-mudahan Walikota dan Wakil Walikota Serang bisa menyikapi masalah ini dengan serius agar Kota Serang jadi lebih maju dan mempunyai daya saing yang tinggi kedepannya,” tandasnya. (*/Ocit).

Bupati HUT pdg