MAN 2 Cilegon Raih Best Education Quality Award 2017, Karena Banyak Alumni Miskin Masuk Universitas Ternama

CILEGON – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Cilegon kembali menuai prestasi tingkat nasional dengan mendapatkan penghargaan sebagai Best Education Quality Award 2017 dari Indonesian Development Achievement Foundation.

Madrasah yang tumbuh dan berkembangkan dari siswa yang berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah ini mampu menciptakan lulusan berprestasi.

Kepala MAN 2 Kota Cilegon Muniruidin mengatakan, sejak awal berdiri, kebanyakan siswa yang masuk ke MAN 2 Cilegon dari kalangan perekonomian keluarga menengah ke bawah. Namun masalah biaya tidak diambil pusing, memanfaatkan dana bantuan dari berbagai sumber, MAN 2 Kota Cilegon tetap menciptakan kualitas pendidikan berkualitas.

“Ini yang menarik di MAN 2 Kota Cilegon, banyak lulusan dari keluarga miskin mampu masuk ke Universitas Negeri ternama dengan program beasiswa. Karena program kami, bukan hanya mendidik selama 3 tahun, namun setelah itu kita dorong untuk terus melanjutkan kuliah hingga mendapatkan kesempatan beasiswa,” kata Munir kepada Fakta Banten, Rabu (25/1).

Sankyu ks

Munir yang juga pernah dinobatkan sebagai Kepala Madrasah Berprestasi se Indonesia ini, menjelaskan, penghargaan tingkat nasional yang kerap didapat, menjadi motivasi segenap tenaga pengajar dan siswa untuk terus tumbuh berkembang lebih baik. Persoalan keterbatasan perekonomian keluarga bukan lagi halangan untuk dapat melanjutkan pendidikan.

Penghargaan yang didapat berasal dari penilaian prestasi alumninya, dan juga ditunjang dengan system pendidikan yang baik.

“Jelang Ujian Nasional, kita terus motivasi baik anak maupun orang tuanya untuk terus melanjutkan kuliah. Terbukti, setiap tahun sebagian besar 80 persen lebih meneruskan kuliah, padahal separuh dari lulusan tersebut dari keluarga miskin,” kata Munir. (*)

Penulis: Rahmat.